Mengkaji Hikmah Dari Sebuah Pensil (ilustrasi)
Mengkaji Hikmah Dari Sebuah Pensil (ilustrasi)

Mengkaji Hikmah Dari Sebuah Pensil

MutiaraPublic.com – Ketika sang nenek yang sedang menulis sebuah surat, lalu kemudian sang cucu bertanya kepadanya. “Nenek lagi sedang menulis tentang pengalaman kita (nenek dan cucunya) ya? atau tentang saya?” tanya si cucu.

Mendengar pertanyaan si cucu itu, sang nenek pun berhenti menulis dan berbicara kepada si cucu, “Wahai cucuku, sebenarnya nenek ini lagi sedang menulis tentang kamu cucuku, tapi ada yang lebih berharga dari isi tulisan ini ialah pensil yang nenek pakai ini cucuku. Nenek harap kamu bakal seperti pensil ini, ketika kelak kamu sudah menjadi besar nanti,”   ungkap sang nenek.

Mendengar jawaban tersebut, si cucu pun kemudian melihat pensilnya dan memberikan pertanyaan kembali kepada sang nenek, ketika dia melihat tidak ada yang istimewa dari pensil yang nenek pakai tersebut.

“Tapi nek, kelihatannya pensil itu sama saja dengan pensil-pensil yang lainnya,” ucap si cucu. dan kemudian Sang nenek pun menjawabnya, “Itu semua tergantung kamu cucuku, bagaimana kamu melihat pensil ini, sesungguhnya pensil ini mempunyai 5 kualitas yang dapat membuatmu selalu merasa tenang dalam menjalani hidup, kalau kamu selalu memegang erat prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini.”

Sang nenek pun mengungkapkan juga menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil itu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pertama, pensil mengingatkan kamu kalau kamu bisa berbuat hal yang hebat dalam hidup ini. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, kamu jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kamu dalam hidup ini. Kita menyebutnya Allah, Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendakNya.” Pensil dituntun oleh tangan. Jadikan penuntun Kita adalah Allah SWT.
  2. Kedua, Dalam proses menulis, nenek kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali pensil nenek. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kamu, dalam hidup ini kamu harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena merekalah yang akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik.”
  3. Ketiga, Pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup ini, bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar.” Penghapus selalu membenarkan kata kata kita dengan menghapus tulisan yang salah. Kita juga harus mendengar nasehat orang lain apabila kita salah dan segera introspeksi diri.
  4. Keempat, Bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, selalulah hati-hati dan menyadari hal-hal di dalam dirimu.” Dalam hal ini yang ada dalam diri kita adalah hati dan nafsu, akal dan fikiran dan semua yang berasal dari dalam diri kita. Harus selalu kita kendalikan.
  5. Kelima, Sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/ goresan. Seperti juga kamu, kamu harus sadar kalau apapun yang kamu perbuat dalam hidup ini akan tinggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan.” Kita pun demikian, apa yang kita perbuat akan meninggalkan goresan baik atau buruk yang nantinya akan di hisab, maka berhati hatilah akan setiap goresan yang kita perbuat.

 

Disadur Dari : Islampos.com
Editor : Ahmad Jailani


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Ketika sang nenek yang sedang menulis sebuah surat, lalu kemudian sang cucu bertanya kepadanya. “Nenek lagi sedang menulis tentang pengalaman kita (nenek dan cucunya) ya? atau tentang saya?” tanya si cucu. Mendengar pertanyaan si cucu itu, sang nenek pun berhenti menulis dan berbicara kepada si cucu, “Wahai cucuku, sebenarnya nenek ini lagi sedang …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.