Menghubungi Orang Yang Memutus Hubungan Dengan Kita
ilustrasi - Menghubungi Orang Yang Memutus Hubungan Dengan Kita

Menghubungi Orang Yang Memutus Hubungan Dengan Kita

Dalam hadistnya Rasulullah SAW bersabda:

{” Hubungilah orang yang memutus hubungannya dengan kamu dan berilah (sesuatu) kepada orang yang enggan memberimu. Hindarkanlah dirimu dari orang yang menzalimimu (Artinya, jangan menghiraukan orang yang telah menzalimi kita) “} (HR. Ahmad)

MutiaraPublic.com – Tidak selamanya dalam pertemanan itu selalu dipenuhi dengan kesenangan, dalam berteman ada kalanya menyenangkan, dan ada kalanya juga membosankan, bahkan kerap terjadi perselisihan, dan dari perselisihan tersebut terkadang ada yang saling diam dan tidak bicara dalam waktu beberapa hari, dan lebih parahnya lagi ada yang memutus hubungan pertemanan, maka jika sudah seperti ini yang terjadi jangan sampai kita ikut memutus hubungan pertemanan tersebut, sebaiknya kita hubungkan kembali tali yang telah terputus itu.

Saling memberi adalah salah satu perbuatan terpuji yang disukai Allah SWT, maka dari itu sisakan uang kita untuk memberikan sesuatu kepada orang lain: teman atau saudara kita, seperti yang telah diperintahkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang tertulis diatas bahwasannya Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk memberikan sesuatu kepada orang yang enggan memberi kita, meskipun memang terkadang sulit bagi orang yang selalu ingin mengharapkan balasan atas pemberiannya kepada orang yang diberinya sesuatu tersebut. tetapi yakinlah selalu ada kebaikan atas perintah tersebut, contohnya saja jika ada seseorang yang memberikan sesuatu kepada kita, tentunya kita akan senang bukan? Begitupun orang lain ketika diberikan sesuatu pasti akan dapat menyenangkan hatinya, setidaknya jika seseorang tersebut tidak memberikan balasan, tetapi pasti akan ada hal baik lainnya yang akan kita dapatkan, dan tentunya Allah SWT akan membalas kebaikan tersebut.

Ketika dizalimi orang lain maka yang kita rasakan adalah sakit, entah itu hati atau tubuh kita sebab kezhaliman yang telah kita alami dari orang yang menzalimi kita, maka jika mengalami hal yang demikian sebagaimana perintah rasulullah SAW dalam haditsnya yang tertulis diatas adalah dengan cara menghindar atau tak mengiraukannya, biarkan dia menzalimi kita tetapi jangan sampai kita membalas kembali dengan kezaliman yang lain, Insya Allah kita akan selamat, karena Allah SWT akan menolong orang-orang yang terzalimi.

Wallahua’lam !

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Sa’Dullah
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.