Mengambil Hikmah Dari Sifat Sifat Setan
Mengambil Hikmah Dari Sifat Sifat Setan (foto ; merdeka)

Mengambil Hikmah Dari Sifat Sifat Setan

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Setan dan Manusia memang pada dasarnya diciptakan oleh Allah SWT dari unsur yang berbeda, Setan sendiri dari unsur Api sedangkan Manusia dari unsur Tanah. Di dalam Al-Quran telah mencatat sejak Nabi Adam a.s diciptakan oleh Allah SWT, Setan tersebut sudah mengibarkan bendera perang dalam melawan Nabi Adam a.s. beserta keturunannya.

Saudaraku, Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa setan memiliki sifat sifat yang sangat jelek dan bahkan Allah SWT melaknat atau melarang keras bagi golongan setan untuk menikmati surga kelak di hari akhir. Namun, kali ini MutiaraPublic.com akan mencoba melihat sifat sifat setan dari sisi yang berbeda atau dari sudut pandang yang lain.

Sesungguhnya kita bisa mengambil hikmah dari sifat sifat setan ini, dalam artian tidak semuanya sifat sifat setan ini buruk/ jelek/ negatif kalau diaplikasikan untuk kebaikan, kalau kita bisa mengambil hikmah dari sifat sifat setan yang buruk ini, maka sifat sifat yang terdapat pada setan ini akan menjadi suatu hal yang bernilai positif dan ini tentunya akan menjadi suatu kekuatan besar dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita untuk mencapai kemuliaan dimata Allah SWT.

Berikut Kami paparkan mengenai hikmah yang dapat kita ambil dari sifat sifat setan tersebut :

Yang Pertama, Setan Memiliki Sifat Pantang Menyerah

Salah satu sifat sifat setan yang patut kita ambil atau contoh adalah setan itu pantang menyerah. Selama kemauan dan keinginan setan tersebut belum tercapai, maka setan akan terus menggoda kita (manusia) dari berbagai macam penjuru. Sedangkan kita (manusia) biasanya sering mengeluh, dan mudah putus asa dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Namun, perlu kita fahami betul bahwa tidak semua yang Pantang Menyerah itu adalah setan. Oleh karena itu, sifat pantang menyerah inilah yang kita ambil dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang Allah SWT berikan kepada kita.

Yang Kedua, Setan Merupakan Makhluk Yang Kreatif

Ketika setan itu gagal dengan satu cara, maka bukan menjadi sebuah alasan bagi setan untuk mencari cara lain atau berhenti menggoda manusia. Setan akan mencoba berbagai macam trik-trik khusus dalam melancarkan aksinya untuk menggoda kita (manusia) hanya demi tujuannya bisa tercapai. Coba bandingkan dengan kita, yang dengan seenaknya menjiplak, menyontek, menduplikat, membajak hasil karya orang lain dengan segampangnya, tanpa berusaha untuk berfikir dan lebih kreatif. Oleh karena itu mari kita lebih kreatif lagi dalam memantapkan tujuan dan impian kita semata-mata untuk menggapai Ridho dari Allah SWT.

Yang Ketiga, Setan Itu Adalah Makhluk Yang Konsisten

Sifat setan yang selalu konsisten tidak berubah-ubah, sejak pertamakali setan diciptakan, setan selalu setia pada pekerjaannya, setan tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan kita (manusia) banyak yang mengeluhkan perihal pekerjaannya dan biasanya sering lalai akan konsistennya dalam suatu pekerjaan tersbut, padahal kalo kita lihat masih banyak saudara kita (manusia lain) yang masih mengannggur dan membutuhkan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, sifat konsisten tersebut haruslah kita tanam lebih dalam lagi.

Yang Keempat, Setan Adalah Makhluk Yang Solider (Rasa Setia Kawan)

Sesama Setan mereka tidak pernah saling menyakiti, bahkan mereka (golongan setan) selalu bekerjasama antara satu dengan yang lain untuk menggoda manusia. Sedangkan kita (manusia), jangankan kita menolong, setia kawan, peduli terhadap sesama manusia saja, kita masih mikir-mikir seribu bahasa. Bahkan kebanyakan manusia malah saling iri, dengki, bermusuhan, bahkan saling membunuh dan menyakiti. Naudzubillah ! Maka dari itu saudaraku, marilah kita tiru atau mengambil hikmah dari sifat setan yang satu ini yaitu dengan lebih menjalin rasa tali persaudaraan antar sesama, saling bekerjasama demi tujuan menegakkan agama Allah SWT.

Yang Kelima, Setan Merupakan Makhluk Yang Tanpa Pamrih

Ya, Setan mampu bekerja tanpa pamrih meskipun selama 24 jam penuh dalam sehari. Setan tidak mendapat upah, gaji atau imbalan apapun dalam menjalani pekerjaannya menggoda kita (manusia). Coba bandingkan dengan kita (manusia), pada umumnya jika mereka tidak di beri upah, imbalan atau dibayar, maka mereka tidak akan mengerjakannya. Ketahuilah saudaraku, materi yang seharusnya bukanlah suatu hal yang penting bagi kita, jika kita mau mengerjakannya tanpa pamrih terutama dalam hal membantu sesama umat manusia, maka pekerjaan tersebut akan bernilai tinggi di hadapan Allah SWT, dan inilah sebaik-baiknya pekerjaan.

Yang Keenam, Setan Adalah Makhluk Yang Suka Berteman Dan Kompak.

Setan adalah mahkluk Allah SWT yang selalu ingin berteman banyak supaya mereka (setan) punya banyak teman di Neraka. Sementara mereka (manusia) semakin canggih atau modern, mereka biasanya akan semakin egois terutama kepada kerabat dan tetangganya serta selalu mementingkan diri sendiri. Biasanya mereka lebih suka nampang (unjuk diri) dengan cara menonjolkan berbagai kemampuannya sendiri di bandingkan dengan harus bekerjasama dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Padahal kalau mereka suka berteman dan kompak untuk beribadah kepada Allah SWT maka semua masalah mereka pasti akan terobati bahkan Allah SWT akan melipat gandakan bagi mereka yang selalu kompak dalam beribadah kepada Allah SWT.

 

Semoga kita bisa mengambil hikmah dan mengamalkan sifat sifat diatas tersebut. Amin !

 

 

 

Oleh : Nur Laely
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.