Mendahulukan Kepentingan Allah Dari Pada Pemerintah
Mendahulukan Kepentingan Allah Dari Pada Pemerintah

Mendahulukan Kepentingan Allah Dari Pada Pemerintah

MutiaraPublic.com – Seorang muslim yang baik tentunya adalah ia yang taat kepada perintah Allah SWT, karena taat kepada-Nya adalah suatu kewajiban yang harus dipatuhi. Sebuah kewajiban juga berlaku bagi masyarakat dengan kebijakan pemerintah di negara tempat masyarakat itu tinggal, seperti contohnya di negara indonesia, kita pasti akan menemukan sebuah kebijakan pemerintah yang ditetapkan demi kemajuan negara, tetapi jika kewajiban itu bertentangan dengan syari’at maka kebijakan itu tidak wajib kita patuhi, bahkan harus kita hindari, seperti hadist yang menjelaskan perihal masalah ini yang artinya:

Dari Ibnu Umar r.a. berkata: Nabi SAW bersabda: {” Seorang Muslim wajib mendengar dan taat kepada pemerintahannya pada apa yang disetujui dan yang tidak disetujuinya (oleh pemerintah), kecuali apabila ia diperintah (oleh pemerintah) untuk bermaksiat (kepada Allah SWT). Maka apabila disuruh bermaksiat, ia tidak harus (tidak wajib) mendengarkan dan tidak wajib taat (pada pemerintahannya) “} (Bukhari – Muslim)

Dari hadits diatas tersebut, kita tentunya dapat menyimpulkan bahwa hal apapun yang diperintahkan oleh pemerintah kepada masyarakat adalah suatu kewajiban yang harus dipatuhi, akan tetapi bagi orang-orang muslim jika pemerintahan tersebut memerintahkan kita kepada hal-hal yang bertentangan dengan syari’at maka haruslah dijauhi karena sesungguhnya itu akan mendatangkan murka Allah SWT jika kita tetap patuh dengan perintah pemerintah dan lain-lainnya yang memaksa kita untuk bermaksiat kepada Allah SWT.

Sebagai seorang muslim jangan pernah sekalipun kita mengingkari perintah Allah SWT hanya demi mematuhi aturan lainnya atau aturan siapapun, artinya dengan mendahulukan kepentingan Allah SWT, dan dengan mendahulukan perintah Allah serta kewajiban kita kepada Allah SWT, maka tinggalkanlah hal semacam itu, tinggalkanlah apapun alasannya, karena Allah SWT adalah segala-galanya.

Tak sepantasnya kita sebagai seorang muslim mengabaikan aturaNya, berusahalah untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menambah dosa tersebut. Sungguh berhati-hatilah, sering-seringlah kita mengevaluasi diri atas-atas apa-apa yang telah kita kerjakan di dunia ini, termasuk dalam menjalankan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh negara tempat kita tinggal. Ingatlah Allah SWT selalu melihat apa yang kita kerjakan, jangan biarkan identitas kita sebagai muslim tergadaikan oleh aturan-aturan yang harus kita patuhi yang dapat menjauhkan kita dari Allah SWT.

Jika kita meninggalkan sesuatu hal karena Allah SWT, maka jangan khawatir dengan mendahulukan kepentingan Allah SWT dari pada yang lain, Niscaya Allah SWT akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Sebab kita telah berkorban demi mendapatkan ridhoNya, walau bagaimanapun keadaannya ridho Allah SWT lah yang harus kita utamakan.

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.