Memaknai Karomah Sebagai Tujuan Dari Istiqomah
Memaknai Karomah Sebagai Tujuan Dari Istiqomah

Memaknai Karomah Sebagai Tujuan Dari Istiqomah

MutiaraPublic.com – Berbagai peristiwa-peristiwa luar biasa yang muncul pada diri seseorang, mereka mengklaim bahwa itu merupakan karomah. Bahkan, jika seseorang tersebut muncul keistemewaan yang dimilikinya, maka dia dianggap telah sempurna dalam mengarungi perjalanan istiqomahnya.

Saudaraku, sebenarnya apa karomah itu ? dan, Apa pula istiqomah itu ?

Karomah merupakan suatu peristiwa yang luar biasa, yang dimunculkan oleh Allah Sang Maha Pencipta kepada seorang hamba-Nya, tanpa menghilangkan suatu keistiqomahannya. Munculnya sebuah karomah itu tidaklah didahului oleh sebab dan akibat (semacam amalan-amalan tertentu, dsb).

Allah SWT. sudah menampakkannya karena ada sesuatu yang sangat istemewa dari hamba-Nya tersebut, tentunya bagi mereka yang ahli ibadah dan tha’at kepada Allah SWT., baik dumulai dari dia masih dalam awal penempuhan maupun sudah sampai pada puncak perjalanan istiqomahnya.

Karomah tersebut hanyalah untuk menunjukkan suatu kelebihan seorang hamba dari Allah SWT., bukannya malah menunjukkan keunggulan/ kedahsyatan istiqomahnya. Karomah bukanlah menunjukkan (membeberkan) bahwa seseorang tesebut meraih maqom yang tinggi, terkecuali jika seorang hamba tersebut memanglah sudah sangat sempurna dalam beristiqomah.

Mengenai ukurannya, yaitu seorang hamba Allah betul-betul serasi dalam menjalani serta mengikuti jejak kebenaran sang Ilahi baik lahir dan batin menurut cara yang dibenarkan (oleh hukum islam), tanpa adanya motif tertentu. ia juga berarti haruslah terus-menerus bertaubat tanpa berpaling lagi ke dosa, selalu melakukan amaliyah, ikhlas tanpa berpaling dari-Nya (Allah SWT.), tawakkal tanpa beban, yaqin tanpa keraguan, dan selalu bersikap disiplin dalam meraih wushul pada-Nya (Allah SWT.). Itulah karomah yang hakiki.

Sebagai mana yang telah dituturkan oleh Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzily Qs, :
{” Ada dua karomah yang bepadu dan saling meliputi (yakni) : (Pertama) Karomah Iman, dengan bertambahnya rasa keyakinan dan musyahadah secara jelas (secara terang). (Kedua) Karomah Amal, dengan mengikuti jejak Baginda Nabi Muhammad SAW., (yaitu) menghindari klaim-klaim dan pengingkaran. Barang siapa yang dianugerahi dua hal tersebut, kemudian masih mengalihkan perhatiannya terhadap yang lain, (maka) ia adalah hamba yang berlebihan (kemuskilan, kenakalan, red) nan pendusta. (sesungguhnya) Dirinya tersebut tertimpa tipu daya, dan punya kesalahan (kekeliruan) dalam ilmu maupun amal yang benar. (sebagaimana) orang yang telah menghormati ketika ia melihat sang raja, disertai dengan kerelaan jiwa, tiba-tiba (malah) ia berhasrat untuk mengalihkan perhatiannya dengan cara mengendarai kendaraan serta melepaskan kerelaan hatinya. “}

Beliau (Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzily Qs) juga mengatakan :
{” (jika) Sebuah karomah yang tentunya tidak disertai oleh keridhoan kepada Allah SWT., maka (sesungguhnya) pemilik karomah tersebut tertipudaya, atau kurang akal. “}

Oleh karena itu, kita janganlah sering tertipu daya oleh suatu karomah yang pastinya tidak disertai dengan istiqomah yang hakiki. Masyarakat kita sering kali terjebak oleh keistemewaan yang tampaknya suatu hal fenomenal, kemudian diklaim sebagai sebuah karomah. Padahal tujuan Allah SWT. memberikan sebuah karomah tersebut, supaya seseorang itu bisa beristiqomah.

Wallahua’lam Bis Sawab !

 

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Berbagai peristiwa-peristiwa luar biasa yang muncul pada diri seseorang, mereka mengklaim bahwa itu merupakan karomah. Bahkan, jika seseorang tersebut muncul keistemewaan yang dimilikinya, maka dia dianggap telah sempurna dalam mengarungi perjalanan istiqomahnya. Saudaraku, sebenarnya apa karomah itu ? dan, Apa pula istiqomah itu ? Karomah merupakan suatu peristiwa yang luar biasa, yang dimunculkan …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.