Makna 1 Muharram, Momentum Untuk memperbaiki diri
Makna 1 Muharram, Momentum Untuk memperbaiki diri (ilustrasi)

Makna 1 Muharram, Momentum Untuk memperbaiki diri

MutiaraPublic.com – Tahun baru Islam, 1 Muharram merupakan momen yang sangat tepat bagi segenap para kaum Muslim untuk memperbaiki diri sebagaimana hal itu telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

1 Muharram, juga merupakan bulan pertama didalam kalender agama Islam yang menandai pergantian tahun Hijriah. Momen-momen seperti ini tentunya menjadi suatu hal penting, sebab Baginda Nabi Muhammad SAW. mendapatkan suatu keberhasilan didalam dakwahnya yakni pada bulan Muharram.

Kata Muharram itu sendiri berasal dari makna/ kata yang ada dalam bahasa kita yaitu bahasa Indonesia artinya ‘diharamkan’ atau juga ‘dipantang’ yakni dilarang melakukan pertumpahan darah atau melakukan peperangan. Karena hal ini tentunya mempunyai makna yang menandakan bahwasanya pada bulan Muharram akan menjadi bulan dengan rasa damai bagi seluruh umat ini.

Momen pada tahun baru Islam ini juga merupakan suatu sarana dalam memperkokoh tali persaudaraan kita (ukhuwah Islamiah) sehingga kita bisa menghindari diri dari berbagai perbedaan, pemahaman yang pastinya akan menimbulkan perpecahan sesama umat Islam.

Kedatangan bulan Muharram ini juga menandai kebahagiaan penting bagi para kaum dhuafa. Dimana pada bulan Muharram ini, seluruh umat Islam disunnahkan untuk menyantuni anak yatim dan memperbanyak sedekahnya.

Dalam menyambut 1 Muharram ini, hendaknya kita tidaklah memperingatinya sebagaimana seperti tahun baru masehi yang sudah banyak berpesta, akan tetapi kita memperingati bulan Muharram ini dengan berbagai kegiatan yang akan mengedukasi mengenai ajaran agama Islam, dan berbagi pada sesama, serta kita bisa membangun diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Saudaraku, peringatan tahun baru Islam ini (1 Muharram), haruslah dijadikan sebagai momentum dalam mengevaluasi diri kita serta menegakan kebenaran perihal ajaran Islam yang sewajibnya diawali dari diri kita sendiri.

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Reporter : Sa’Dullah
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Tahun baru Islam, 1 Muharram merupakan momen yang sangat tepat bagi segenap para kaum Muslim untuk memperbaiki diri sebagaimana hal itu telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW. 1 Muharram, juga merupakan bulan pertama didalam kalender agama Islam yang menandai pergantian tahun Hijriah. Momen-momen seperti ini tentunya menjadi suatu hal penting, sebab Baginda …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.