Inilah Macam-Macam Dosa Menurut Islam
Inilah Macam-Macam Dosa Menurut Islam

Inilah Macam-Macam Dosa Menurut Islam

MutiaraPublic.Com – Saudara/i-ku MutiaraPublic Rahimakumullah, Dosa adalah segala sesuatu yang diperbuat manusia yang membuat Allah SWT Murka. Salah satu yang membuat Allah SWT Murka adalah pelanggaran terhadap aturan-aturanNya. Di antara yang melanggar aturan Allah SWT yakni apabila kita menyakiti hati manusia lain. Yang demikian itu disebut dosa kepada manusia.

Dosa kepada Allah SWT caranya lebih mudah menghapusnya. Yaitu dengan cara “tobatan nasuha”, tobat yang sebenar-benarnya. Tobat nasuha ini dikerjakan dengan cara ; (1) Kita mennyesali betul perbuatan tersebut, (2) Kita berjanji untuk tidak akan kembali mengulangi dan kemudian kesalahan itu, (3) mengiringi dosa tersebut dengan suatu amal kebaikan.

Nah.. Dengan cara tobat di atas itulah Allah SWT tidak jadi marah atau murka. Makin baik kita tobatnya justru akan membuat Allah SWT senang. Sama seperti misal; seorang anak kecil yang berbuat kesalahan kepada ibunya, anak kecil itu memecahkan vas bunga kesayangan ibunya. Anak yang baik pasti minta maaf sudah memecahakan vas. Ia berjanji tidak akan bermain-main di dalam rumah yang mnyebabkan barang-barang kesayangan ibunya menjadi rusak. Lalu ia mengerjakan dan berlakukan dengan cara baik untuk membantu sang ibu seperti menyapu halaman atau menyirang tanaman supaya ibunya senang. Sudah sepentasnya manusia juga seperti itu kepada Allah SWT.

Sementara dosa kepada manusia tidak lantas begitu saja hilang. Misalnya dengan kita hanya beristighfar kepada Allah SWT dengan melakukan shalat, dan ibadah lain sebagainya, hal ini tidak cukup untuk menghapus dosanya. Ia wajib minta maaf kepada yang bersangkutan. Yakni Orang yang telah didzalimi tersebut harus memaafkan dirinya, sehingga tidak menyisakan suatu persaan marah di dalam hatinya.

Nah.. dengan itu maka barulah dosanya diampuni oleh Allah SWT, Untuk tidak menyisakan “utang” dari orang yang bersangkutan maka terlebih dahulu harus “melunasinya”. Maksud dalam artian, Apabila bentuk kedzalimannya misalnya mencuri uang maka ia harus mengembalikan uang tersebut. Seseorang yang korupsi harta perusahaan atau negara, maka dia harus mengembalikan dulu hasil korupsinya sebelum minta maaf kepada atasannya. Seseorang yang berhutang harus bayar untangnya terlebih dahulu. Seribu maaf tidak akan berarti kalau mengulangi tidak mau me-write tangnya .

Yang agak susah adalah bentuk kedzaliman berupa ghibah (ngomongin orang) atau fitnah kepada manusia. Kalau seseorang menyebarkan kabar buruk (Gosip) yang tidak benar tentang seseorang maka dia telah menfitnah saudaranya. Ketika sadar, dia tidak bisa begitu saja minta maaf. Ia harus meralat perkataannya. Kalau fitnahnya sudah ke mana-mana ini memang repot.

Seorang bijak pernah ditanya, “Saya sudah menyebar berita buruk tentang seseorang kesana-kemari padahal berita itu tidak benar. Bagaimana saya memperbaiki diri?” Orag bijak tersebut berkata ; “Seandainya kamu keluar rumah menuju pasar kemudian sambil berjalan kamu menabur kapas di sepanjang jalan. Saat kembali dari pasar ke rumah, bisakah kamu mengumpulan kembali kapas tersebut dalam jumlah yang sama? ”Tentu tiak bisa. Apalagi jika angin bertiup angin sangat kencang, Kapas tersebut terbang hingga jauh tinggi. Begitulah susahnya memperbaiki diri jika menyebar fitnah ke mana-mana.

Apabila ada seseorang yang berhutang dan tidak dapat melunasinya sampai mati, di akhirat kelak ia juga wajib dibayar. Caranya yakni dengan memberikan pahala amal kebaikan kepada orang yang dihutangi tersebut. Kecuali bagi mereka orang-orang yang bersungguh-sungguh berusaha membayar waktu semasa di dunia. Kecuali orang yang dihutangi tersebut hatinya ikhlas semata-mata untuk beribadah dan mencari ridho Allah SWT.

“Dosa itu Terbagi Dua. Pertama, Dosa terhadap Allah Tuhan Semesta Alam, Dosa ini dapat engkau hapuskan dengan sebuah penyesalan Tak akan mengulang. Memohon ampunan, Astaghfirullah. Dan Dosa terhadap Sesama, Dosa ini Cuma bisa terhapus sirna apabila ia memaafkannya.”

 

 

 

 

Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.