Keutamaan Sedekah Secara Rahasia
Keutamaan Sedekah Secara Rahasia

Keutamaan Sedekah Secara Rahasia, Wajib Anda Ketahui !

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Jika kalian menampakkan sedekah kalian maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir maka menyembunyikanya itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian, dan Allah maha mengetahui apa yang kalian kerjakan” (Al-Baqoroh: 271).

Saudara/i ku yang semoga Allah SWT melimpahkan RahmatNya, Perihal Hikmah atau Keutamaan yang terdapat dalam sedekah. Baginda Rasul Muhammad SAW menjelaskan bahwa ada sebuah rahasia dibalik sedekah yang diberikan secara tersembunyi, tanpa siapa pun mengetahuinya, bahkan termasuk orang yang disedekahinya sekali pun, sedekah yang diberikan secara sir/ rahasia akan membuahkan dampak positif yaitu dengan sedekah secara rahasia akn mampu meredam kemurkaan Allah SWT. Sebagaimana Baginda Rasulullah SAW Bersabda :

“Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb (Allah) tabaroka wa ta’ala” (HR. ath-Thabrani, Shahih at-Targhib [1/532]))

Dari penjelasan hadits di atas ini keutamaan Sedekah Secara Rahasia bisa memendam kemurkaan Allah SWT sebenarnya bisa diartikan bahwa sedekah sesungguhnya bisa menghalau balak (penolak balak). Dalam hal ini banyak Ulama’ memberikan contoh. Misalnya; Ada orang yang sebelumnya ditakdirkan akan mendapatkan balak. Sebelum balak itu menimpanya, ia bersedekah kepada orang lain. Maka Dengan Ijin Allah SWT melalui sedekah yang ia berikan dengan penuh ke ikhlasan akan mampu menghalau balak yang akan menimpanya. Menghalau dalam artian disini boleh jadi ia terhindar dari balak, atau balak itu menimpanya namun ia masih bisa selamat dari balak tersebut.

Sebagai Contoh, Ada seorang yang sudah ditakdirkan hari ini akan mengalami kecelakaan Parah. Sebelumnya ia bersedekah. Dengan Ijin Allah SWT Lantaran sedekah ini Takdirnya yang akan mengalami kecelakaan parah akan “berubah”; boleh jadi ia tidak mengalami kecelakaan sama sekali, atau boleh jadi ia tetap mengalami kecelakaan tetapi ia tidak sampai parah dan dirinya bisa selamat.

Maka dari itu saudaraku redamlah murka Allah SWT tersebut, serta tolaklah semua Adzab, Bala’, Penyakit-penyakit, serta Musibah lainnya dengan memeperbanyak sedekah (mengeluarkan sedekah). dengan Niat Menggapai RdhoNya. Dan Semoga Allah SWT menjadikan kita hamba yang tertolong serta memberi taufiq kepada kita agar bersegera dalam kebaikan, keikhlasan. Aamiiiin Ya Rabbal Alamin….

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.