Keajaiban Sholat Lima Waktu (Mukjizat Sholat Fardhu)
Keajaiban Sholat Lima Waktu (foto : tokoh pejuang indonesia)

Keajaiban Sholat Lima Waktu (Mukjizat Sholat Fardhu)

{” Amal pertama kali yang akan diperhitungkan perihal diri seorang hamba kelak pada hari Kiamat tersebut adalah sholat; (artinya) Jika sholatnya itu baik, maka (niscaya) baik pula-lah seluruh amalnya, dan apabila sholat-nya itu rusak, maka rusak pula-lah seluruh amalnya “} (HR.: Tirmidzi & Ibn Majah)

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Dari Hadits di atas tersebut, bisa disimpulkan bahwa sepertinya sholat itu merupakan “Suplemen” bagi seluruh ajaran dan tujuan agama Islam, yang mana di dalam-nya termuat sari-pati atau ekstrak seluruh bahan ajaran Islam dan tujuan ke-agamaan Islam, sehingga sholat tersebut oleh Allah SWT dijadikan sebagai “barometer” bagi ibadah-ibadah lain-nya. Buktinya, dalam hadits di atas telah menyatakan bahwa sholat itu sebagai tolak-ukur baik dan tidak-nya macam-macam kebajikan serta macam-macam bentuk kegiatan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

{” Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar “} (QS al-Ankabut [29]: 45).

Mungkin sebgaian dari kita ini masih menyisakan pertanyaan perihal diberlakukan-nya kewajiban sholat lima waktu ini;

Apa sih hikmah/ manfaat yang terkandung di dalam sholat lima waktu ini ? dan Mengapa sholat lima waktu ini harus dilaksanakan (dikerjakan) tidak sekaligus dalam satu waktu (dengan cara dicicil) ?

 

saudaraku, sebelum-nya mari kita coba untuk mengingat kembali hakekat/ tujuan dari sholat tersebut, dimana sholat ini merupakan tindakan ber-interaksi antara hamba dengan Tuhan-nya, sebagaimana yang telah digambarkan oleh Baginda Rasul Muhammad SAW, bahwa sholat ini sebagai mi’raj-nya orang yang beriman (mi‘râjul Mu’minîn). Artinya Di satu sisi, kita sebagai seorang hamba tersebut dituntut untuk senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap waktu. Maka dari sinilah Allah SWT menfasilitasi kita untuk menghadap-Nya dalam setiap saat/ waktu yang telah ditentukan. Karena, dengan melaksanakan Sholat lima waktu dalam sehari semalam ini, kita sebagai seorang hamba akan senantiasa selalu ingat kepada Penciptanya (Allah SWT) dalam setiap saat, sehingga hubungan ini pun akan terus terjalin. Dan Apa bila misalkan Sholat lima waktu itu dilaksanakan/ dikerjakan hanya satu kali dengan diropel (satu waktu sekaligus), hal ini tentunya kita akan lebih banyak nganggur-nya daripada mengingat Allah SWT, sehingga “kontinuitas” pengaruh ibadah berupa pertemuan dengan Sang Maha Pencipta ini tidak akan tercapai.

Seperti yang dinyatakan oleh Asy-Sya’rani dalam Mîzânul-Kubrâ-nya, beliau berkata : {” justru dengan dijadikannya sholat lima waktu itu secara berulang-ulang (sesuai waktu sholat tersebut) pada setiap harinya adalah merupakan salah satu nikmat yang besar yang diberikan oleh Allah SWT. Setiap kali kita melakukan wudhu’, maka kita pun akan mengingat berbagai dosa yang telah kita perbuat di hari itu juga, kemudian kita pun bersimpuh di hadapan-Nya Allah SWT untuk memperoleh rahmat dan ampunan-Nya. Di sisi lain, saat berwudhu’, secara khusus kita bisa memohon ampunan kepada Allah SWT dari berbagai dosa yang telah kita lakukan melalui doa-doa yang di panjatkan sebagaimana yang telah diajarkan dalam Islam. Kemudian dilanjutkan dengan menunaikan sholat secara “intens” dan betul-betul berharap akan ampunan-Nya, maka disaat itu juga otomatis dosa-dosa kita akan rontok satu-persatu dengan ampunan dari Allah SWT. Mungkin fakta seperti ini sebagian dari kita melihatnya konyol, Akan tetapi bagi kita yang telah diberi kemampuan lebih oleh Allah SWT (Al-Kasyfu), niscaya akan melihat rontok-nya dosa-dosa kita yang melakukan Ibadah tersebut. Dan, ini sungguh adalah nikmat dan rahmat dari Allah SWT supaya kita/ manusia tidak selalu menimbun-nimbun dosa. “}.

{” Sesungguhnya seorang hamba (kita) di kala berdiri melaksanakan sholat, akan didatangkan dosa-dosanya, kemudian diletakkan dosa-dosa tersebut di atas kepalanya atau di atas pundak-nya. Apabila seorang hamba itu rukuk atau sujud, maka dosa-dosa-nya itu berguguran darinya “} (HR. Ibnu Hibban).

{” Sholat lima waktu, begitu pula (dengan) sholat Jumat hingga pada Jumat berikut-nya, merupakan pelebur dosa antara satu sholat dengan yang lainnya, selama tidak dilakukan-nya dosa besar (berbuat syirik). Puasa Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya adalah merupakan pelebur dosa antara keduanya apabila dosa besar dijauhi (dosa syirik) “} (HR. Muslim).

Lebih dari itu juga, jika kita mengkaji lebih lanjut perihal Keajaiban Sholat Lima Waktu ini, justru sebagaimana yang disyariatkan sholat lima waktu melalui tahapan yang telah ditentukan tersebut, kita mampu menjalankan berbagai aktivitas kerja secara efektif, sehingga kita pun bisa mengatur waktu kerja yang disesuaikan dengan aturan menegemen Ilahi, sesuai dengan peredaran matahari. Dan otomatis kita selain memperoleh kebaikan dunia, juga kita bisa meraih kebahagiaan di akhirat kelak, dengan cara menunaikan ibadah-ibadah tersebut secara sempurna.

Apalagi sholat lima waktu itu adalah suatu aktifitas fisik yang paling besar pengaruhnya terhadap kebangkitan spirit kita serta mampu mengembalikan stamina tubuh kita menjadi tetap fit (diperoleh dari gerakan-gerakan sholat tersebut). Pada waktu tubuh kita lelah akibat aktivitas bekerja keras itu, maka sholat disini berfungsi sebagai suplemen tubuh. Di samping itu juga, sholat tersebut diharuskan tepat waktu sehingga sejatinya itu akan mengajarkan kita untuk selalu hidup dengan budaya tepat waktu (budaya on-time).

Oleh karena itu saudaraku, sholat dengan lima kali dalam sehari semalam ini, sesungguhnya mengajarkan kita untuk bisa membersihkan diri ini dengan menjalankan/ mengerjakan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum kita melaksanakan sholat tersebut, misalnya bersuci. Di samping itu juga, sholat lima waktu ini telah mengajarkan kontinuitas pada kita, baik itu dari segi peribadatan maupun pekerjaan. Wallahua’lam ! Semoga bermanfaat.

 

 

 

Oleh : M. Masyhuri Mochtar (Ponpes Sidogiri)
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.