Kami Bongkar ! Wasiat Rasulullah Amalan Bulan Sya'ban
Wasiat Rasulullah Amalan Bulan Sya'ban

Kami Bongkar ! Wasiat Rasulullah Amalan Bulan Sya’ban

MutiaraPublic – Saudaraku Yang dimuliakan Allah SWT, Sekarang kita sudah ada pada bulan Sya’ban, sebentar lagi kita sudah berada pada bulan Ramadhan. Dalam menempuh Bulan Sya’ban ini adalah merupakan waktu yang sangat tepat untuk kita berpuasa demi melatih diri agar selalu terbiasa berpuasa satu bulan penuh selama bulan Ramadhan. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan bahwa bagi Ummatnya yang melakukan puasa pada bulan Sya’ban, ia adalah termasuk orang-orang yang menghormati bulan Ramadhan.

“Puasa Sya’ban itu untuk menganggungkan Ramadhan,” (HR At-Tirmidzi).

Saudaraku Yang dimuliakan Allah SWT, Puasa Sya’ban itu sangat dianjurkan oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW. sebagaimana yang dituturkan oleh ‘Aisyah RA, “Hanya di bulan Ramadhan Nabi Muhammad berpuasa satu bulan penuh dan saya tidak melihat Beliau sering puasa kecuali di bulan Sya’ban,” (HR Al-Bukhari).

Bahkan Dalam riwayat Hadits Ahmad juga disebutkan bahwa, “Puasa yang disukai Rasulullah Muhammad SAW adalah puasa di bulan Sya’ban.”

di dalam kitab Nihayatuz Zain, Syeikh Nawawi Banten memaparkan.

الثاني عشر صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صلى الله عليه وسلم يوم القيامة

Artinya, Macam puasa sunah yang kedua belas adalah puasa Sya’ban. Sebab Nabi Muhammad SAW sangat suka berpuasa pada bulan tersebut. Siapa saja yang berpuasa di bulan Sya’ban, ia akan memperoleh sya’faat di hari kelak.”

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT, Sebagai umat islam, puasa sunah yang dilakukan Rasulullah SAW ini sangat penting sekali untuk kita amalkan. Meskipun sejatinya kita tidak mampu meniru sepenuhnya apa yang diamalkan Rasulullah SAW, ya… paling tidak kita sebagai umat yang cinta akan Rasulullah SAW mencoba berpuasa semampunya selama berada di bulan Sya’ban ini. Tentunya selain kita mendapatkan ganjaran/ Pahala dari Allah SWT, berpuasa Sya’ban ini juga akan mampu melatih diri kita agar betul-betul siap dalam melaksanakan salah satu Rukun Islam yakni kewajiban puasa di bulan Ramadhan.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

ALLAHUMMA BAARIK LANAA FII ROJABA WA SYA’BANA WA BALLIGHNAA ROMADHANA

“(Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, serta perjumpakanlah kami dengan bulan ramadhan)”

Oleh : Ustadz. Ahmad Hasan
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.