Kajian Islami - Rezeki Besar
Kajian Islami - Rezeki Besar

Kajian Islami : Rezeki Besar

{” Tidak ada suatu rezeki yang Allah SWT berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar”} (HR. Al Hakim)

MutiaraPublic.com – Saudaraku muslim yang dirahmati Allah SWT, Mendengar kata rezeki mungkin yang pertama kali terlintas dalam benak kita adalah “Segunung Uang/ Money” atau kesenangan-kesenangan berlimpah yang datang menghujani kita, nikmat memang selalu diidentikkan dengan uang oleh kebanyakan orang, padahal pada hakikatnya tidak semua yang berbentuk kesenangan itu adalah nikmat dari-Nya, karena kesenangan itu tidak selamanya merupakan nikmat, bisa jadi merupakan sebentuk ujian, begitupun sebaliknya, kita hanya kurang teliti saja dalam menafsirkan keduanya.

Kesedihan bisa jadi sebenarnya adalah nikmat berupa pahala yang besar yang akan kita dapatkan nantinya, bahkan Allah SWT telah menjanjikan surga bagi orang-orang yang sabar, tentu tidak serta merta bisa langsung mendapatkannya tanpa ada yang mengiringinya, ada syarat yang harus kita lakukan kalau kita benar-benar ingin mendapat pahala atas musibah yang menimpa kita, syarat itu adalah kesabaran, kita akan mendapatkan pahala dari musibah yang menimpa kita jika kita mau membentenginya dengan sifat sabar.

Sabar merupakan salah satu akhlak mulia yang seharusnya dimiliki oleh semua orang terutama seorang mukmin, khususnya bagi para remaja-remaja seharusnya sudah bisa menanamkan sifat sabar sejak usia muda, karena didalam sabar terpancar cahaya keikhlasan serta kedamaian yang berpijar ditengah gelapnya kesedihan yang menimpa. Sungguh betapa bijaksananya seseorang yang memiliki sifat sabar, maka dari itu mulalilah kita tanam bibit-bibit kesabaran itu mulai saat ini.

Saudaraku muslim yang dirahmati Allah SWT, Ketika seseorang ditimpa suatu musibah atau masalah apapun yang membuat seseorang bersedih, kemudian dia menggunakan kesabarannya dalam menghadapi situasi serta kondisi yang sangat menyakitkan bagi dirinya itu, maka orang seperti itulah yang sesungguhnya telah mendapatkan rezeki besar, memang rezeki itu tidak selalu berbentuk uang atau kesenangan-kesenangan lainnya, karena rezeki besar yang sesungguhnya itu berbentuk pahala yang juga tak kalah besar, Allah SWT telah mempersiapkannya bagi siapapun yang bersabar ketika ditimpa musibah, berkat kesabarannya dalam menghadapi musibah yang menimpanya itulah yang pada akhirnya Allah SWT akan menghadihkan rezeki yang sungguh amat sangat besar yakni berupa pahala yang berlimpah-luah.

Saudaraku muslim yang dirahmati Allah SWT, janganlah kita hanya mengharapkan rezeki berupa hujan duit, lebih baik berharap dihujani pahala yang berlimpah, walaupun keduanya memang sama-sama berharga, akan tetapi, pahala itu jauh lebih berharga daripada uang, karena pahala itu sejatinya lebih kekal dari pada uang. Oleh karen itu mari kita sama-sama menanamkan sifat sabar didalam diri kita masing-masing, tanamkan dimulai saat ini juga, agar kelak ketika kita sudah tua nanti kita sudah terlatih untuk bersabar. Serta marilah kita berlomba-lomba dalam mendapatkan rezeki yang besar tersebut untuk bekal kita di akhirat nanti.

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.