Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali
Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali

Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali

MutiaraPublic.com Seorang ulama (Qari’) yang semasa hidupnya tidak terlepas dari Al-Qur`an, sebut saja ulama ini bernama ABU-BAKR BIN AYYASH. Pada suatu ketika, saat Abu-Bakr bin Ayyash ini menjelang wafat, dirinya tersebut menyaksikan bahwasanya saudari perempuannya itu menangis tersedu-sedu.

Kemudian Abu-Bakr bin Ayyash pun seraya berkata kepada saudarinya ; {” Wahai saudariku, Janganlah kamu menangis (atas kepergianku) “}, sambil Abu-Bakr bin Ayyash menunjuk ke sudut rumah, lalu dia pun berkata ; {” sesungguhnya saudaramu ini di sudut itu, telah khatam Al-Qur`an (mengkhatamkan al-qur’an) sebanyak 18 ribu kali “}

Dan setelah Abu-Bakr bin Ayyash wafat, maka sahabat Abu-Bakr bin Ayyash yakni Al-Haitsam bin Kharijah mengisahkan bahwasanya dirinya telah bertemu sahabatnya (Abu-Bakr bin Ayyash) itu dalam mimpinya. Yakni di kakinya (Abu-Bakr bin Ayyash) ada semangkuk kurma yang kelihatannya manis sekali.

Kemudian Al-Haitsam bin Kharijah pun lalu mengatakan, {” Wahai sahabatku Abu-Bakr, mengapa engkau ini tidak mengundangku untuk turtut ikut dalam makanan kurma itu ? “} lalu, Abu-Bakr pun menjawabnya ; {” Wahai sahabatku Kharijah, kurma ini adalah makanan bagi ahli surga, (bagi) ahli dunia tidak memakannya (memakan kurma ini) “}.

Kemudian Al-Haitsam serontak bertanya mengenai bagaimana sahabatnya (yakni Abu-Bakr) itu bisa mencapai derajat yang sedemikian tersebut. Dan Abu-Bakr pun langsung menjawab ; {” Dirimu bertanya kepadaku perihal hal ini ? Sungguh hal ini telah berlalu yakni selama 68 tahun aku mengkhatamkan Al-Qur`an setiap malamnya “} (Kisah ini terdapat dalam Kitab ; Hilyah Al-Auliya, [8/303]).

 

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.