Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali
Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali

Inilah Ulama Yang Telah Khatam Al-Qur`an 18 Ribu Kali

MutiaraPublic.com Seorang ulama (Qari’) yang semasa hidupnya tidak terlepas dari Al-Qur`an, sebut saja ulama ini bernama ABU-BAKR BIN AYYASH. Pada suatu ketika, saat Abu-Bakr bin Ayyash ini menjelang wafat, dirinya tersebut menyaksikan bahwasanya saudari perempuannya itu menangis tersedu-sedu.

Kemudian Abu-Bakr bin Ayyash pun seraya berkata kepada saudarinya ; {” Wahai saudariku, Janganlah kamu menangis (atas kepergianku) “}, sambil Abu-Bakr bin Ayyash menunjuk ke sudut rumah, lalu dia pun berkata ; {” sesungguhnya saudaramu ini di sudut itu, telah khatam Al-Qur`an (mengkhatamkan al-qur’an) sebanyak 18 ribu kali “}

Dan setelah Abu-Bakr bin Ayyash wafat, maka sahabat Abu-Bakr bin Ayyash yakni Al-Haitsam bin Kharijah mengisahkan bahwasanya dirinya telah bertemu sahabatnya (Abu-Bakr bin Ayyash) itu dalam mimpinya. Yakni di kakinya (Abu-Bakr bin Ayyash) ada semangkuk kurma yang kelihatannya manis sekali.

Kemudian Al-Haitsam bin Kharijah pun lalu mengatakan, {” Wahai sahabatku Abu-Bakr, mengapa engkau ini tidak mengundangku untuk turtut ikut dalam makanan kurma itu ? “} lalu, Abu-Bakr pun menjawabnya ; {” Wahai sahabatku Kharijah, kurma ini adalah makanan bagi ahli surga, (bagi) ahli dunia tidak memakannya (memakan kurma ini) “}.

Kemudian Al-Haitsam serontak bertanya mengenai bagaimana sahabatnya (yakni Abu-Bakr) itu bisa mencapai derajat yang sedemikian tersebut. Dan Abu-Bakr pun langsung menjawab ; {” Dirimu bertanya kepadaku perihal hal ini ? Sungguh hal ini telah berlalu yakni selama 68 tahun aku mengkhatamkan Al-Qur`an setiap malamnya “} (Kisah ini terdapat dalam Kitab ; Hilyah Al-Auliya, [8/303]).

 

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.