Ustad Yusuf Mansur - Ibarat gembala
Ustad Yusuf Mansur - Ibarat Gembala

Tausyiah Ustad Yusuf Mansur : Ibarat Gembala !

Patut beramal, ibarat seorang pengembala domba. Ia sedang shalat di sekitar domba-dombanya., tentulah ia tak berharap pujian apa-apa dari domba-dombanya.

MutiaraPublic.com – Ustad Yusuf Mansur : Ibarat Gembala !. Salah satu kiat bagaimana agar kita bisa beramal secara ikhlas yaitu dengan mencontoh prilaku seorang pengembala domba. Pada saat tiba waktu shalat, ia hendak segera mengambil air whudu’ dan melaksanakan shalat di sekitar domba-dombanya. Tentu ia tidak mengharapkan pujian dari kambing-kambing tersebut walaupun mereka semua ada di hadapannya.

Sebab itu, apabila kita mengerjakan amal kebaikan tapi dalam hati takut terbesit atau tampak sifat riya’ sehingga ibaratkan saja orang-orang di sekeliling yang menyaksikan amal perbuatan kita bagaikan domba.

Pada mulanya manusia selalu ingin dipuji. Namun ia juga tahu bahwa riya’ merupakan perbuatan yang dicela ALLAH S.W.T. Maka dari itu tanamkan dalam jiwa setiap kali berbuat ALLAH S.W.T. lah tujuan kita. Kita harus lebih senang dipuji ALLAH S.W.T. daripada dipuji manusia. Kita lebih suka mendapatkan pujian ALLLAH S.W.T. sebagaimana parasahabat yang dipuji dalam sebuah ayat Al-Qur’an sebagai berikut;

“Orang-orang yang terdhulu lagi yang pertama dari golongan muhajjirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengna baik, ALLAH ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada ALLAH dan ALLAH menyediakan bagi mereka sungai-sungai yang mengalir di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar” (at-taubah {9}: 100)

Tentu kemenangan itu lebih kita sukai daripada pujian dari “kambing-kambing” tersebut.

Ada kalanya sebuah perumpamaan kita dapatkan dari hal-hal yang sederhana. Namun dalam pelaksanaanya memang tidak semudah itu. Seorang anak muda yang berceramah dengan baik begitu turun dari panggung berkata kepada temannya, “Bagaimana ceramah saya? Bagus tidak?” Sedangkan, ceramahnya sekedar ingin memperoleh pujian ALLAH S.W.T semata,  ia insya ALLAH mendapatkan kedua-duanya. Namun karena ingin mendapatkan pujian, ia bertanya kepada temannya. Dan jawaban temannya sungguh mengegetkan, “Seandainya kamu tidak menanyakan seperti  itu, ceramahmu bagus.”

 

 

 

Tausyiah Ustad Yusuf Mansur : Ibarat Gembala !
Oleh : Suparto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.