Hikmah dan Menfaat Puasa Senin Kamis
Hikmah dan Menfaat Puasa Senin Kamis (ilustrasi)

Rahasia Hikmah Dan Manfaat Puasa Senin Kamis

MutiaraPublic.com Saudaraku, bagi kita yakni sebagai seorang Muslim, selain kita mengenal ibadah-ibadah yang hukumnya bersifat wajib dan tentunya kita juga mengenal ibadah-ibadah yang hukumnya bersifat sunnah. Sebagai seorang muslim sejati Ibadah yang sifatnya wajib ini harus kita laksanakan, kita amalkan, sebab hal ini sudah menjadi ketetapan dan merupakan perintah dari Allah SWT. Bagisiapa yang melaksanakan dan mengamalkannya niscaya akan mendapatkan pahala, sedangkan yang tidak menjalankannya tentu akan berdosa.

Beda lagi halnya dengan ibadah-ibadah yang sifatnya sunnah (yang tidak wajib “tidak harus” kita laksanakan). Artinya ; bagisiapa yang menjalankan ibadah sunnah ini pastinya akan mendapat pahala, sementara bagi yang tidak melaksanakannya tentu tidak akan mendapatkan dosa.

Akan tetapi, jika kita mau melaksanakan ibadah-ibadah sunnah ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita, baik itu secara langsung ataupun secara tidak langsung. Misalkan salah satu contoh adalah ibadah sunnah “Puasa Senin Kamis”.

Saudaraku, hikmah dan manfaat puasa senin kamis ini sangatlah besar apabila kita mengamalkannya, dan jika dilihat dari sisi kesehatan tubuh maupun kesehatan mental serta spiritual kita yang melaksanakan dan mengamalkan puasa senin kamis ini. Maka dari itu, bagi kita yang menyukai puasa senin kamis ini (tentunya atas dasar karena Allah SWT) Insyaallah akan mampu menyeimbangkan dan memaksimalkan antara 3 kecerdasan, yakni kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan intelektual (IQ), dan juga kecerdasan spiritual (SQ).

Tidak hanya itu saja, khasiat atau manfaat dari melaksanakan dan mengamalkan puasa senin kamis ini memang sangatlah banyak sekali serta dapat membantu kehidupan kita sebagai manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan tidak hanya muslim saja, di agama lain pun (non-muslim), umatnya itu juga dianjurkan untuk berpuasa, meskipun dengan tata cara yang berbeda.

Oleh karena itu, maka marilah kita pelajari dan kaji perihal beberapa hikmah dan manfaat puasa senin kamis ini, sebagai berikut :

Mengeluarkan Toksin atau Racun Dalam Tubuh Kita

Menurut penelitian dari para ilmuwan, atau kita bisa berfikir secara logika, jika berpuasa senin kamis ini mampu mengeluarkan toksin (racun dalam tubuh). Racun dalam tubuh yang bercampur dalam darah, lemak, atau bercampur pada bagian-bagian yang lain itu berasal dari minuman dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Nah.., untuk mengeluarkan toksin tersebut tidak hanya dengan cara berolah raga saja. Akan tetapi, kita haruslah berhenti untuk mengkonsumsi minuman dan makanan minimal selama sehari, supaya racun tersebut mampu dikeluarkan secara efektif.

Pengeluarannya pun bisa lewat/ melalui keringat, lewat urine, atau pada saat kita buang air besar. Maka dari itu dengan melakukan puasa senin kamis ini juga dipercaya mampu dan ampuh untuk mengelurkan toksin tersebut atau racun yang sudah mengendap dalam tubuh kita. Jika toksin atau racun-racun tersebut sudah keluar, tentunya kita akan merasakan tubuh bugar dan sehat kembali.

Memberikan Istirahat Bagi Organ Pencernaan Kita

Organ perncernaan yang ada dalam tubuh kita itu diibaratkan seperti halnya mesin, misalkan sebut saja mesin dari kendaraan bermotor. Nah.., tentunya tidak mungkin mesin kendaraan motor tersebut bisa dinyalakan dan dijalankan terus-menerus, sebab hal ini akan merusak salah satu komponen-komponen (onderdil atau sparepart) dari salah satu bagian mesin tersebut. Maka dari itu, mesin kendaraan bermotor itu, juga membutuhkan waktu istirahat supaya komponen-komponennya tidak cepat rusak. Selain itu juga mesin membutuhkan sebuah perawatan yang rutin.

Seperti halnya juga organ pencernaan dari dalam tubuh kita, yang pastinya membutuhkan waktu istirahat untuk tidak bekerja (memproses), ya.., minimal 1 hari hingga 2 hari dalam seminggu secara rutin. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi organ dalam pencernaan kita, dan sebagai perawatan rutin supaya organ tubuh kita tidak cepat rusak terutama untuk organ pencernaan kita. Salah satu cara yang efektif yang dapat kita lakukan adalah mengistirahatkan organ pencernaan dengan cara melaksanakan puasa senin kamis ini.

Peremajaan Sel Kulit

Sel-sel kulit kita yang telah mati itu sangat perlu untuk diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Kita tentunya tidak perlu bantuan-bantuan dari produk atau obatan-obatan tertentu yang harus kita konsumsi. Dengan catatan lain, kita hanya perlu melakukan/ melaksanakan puasa senin kamis secara rutin. Sebab, Hal itu dikarenakan berhubungan dengan metabolisme dari dalam tubuh kita yang akan berhenti pada saat ketikan kita berpuasa, dan itulah yang akan menyebabkan sel-sel tubuh kita bisa bekerja lebih aktif lagi, seperti misalnya sel-sel pada kulit kita ini.

Manfaat Puasa Senin Kamis dapat Mengencangkan Kulit

Mungkin kita tidak percaya apa hubungannya sih.., antara pengencangan kulit dengan puasa senin kamis. Seperti halnya peremajan kulit tadi, ketika kita berpuasa sehari penuh, maka metabolisme dalam tubuh kita omatis juga ikut beristirahat, sehingga akan membuat sel-sel dari dalam tubuh kita bekerja lebih maksimal lagi. Dan hasilnya tentu saja antara lain ; organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Masih kurang percaya, cobalah buktikan dengan melaksanakan puasa ini (tentunya semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT)!

Rahasia Puasa Senin Kamis Mampu Menurunkan Kadar Lemak

Lemak memanglah merupakan salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. namun, jika kita memiliki lemak terlalu banyak dari dalam tubuh, tentunya hanya akan membuat dan menambahkan penyakit yang semakin berdatangan. Maka dari itu, kelebihan lemak pada tubuh kita ini harus dihilangkan. Ada 3 cara yang paling sangat efektif serta bisa kita lakukan, yaitu dengan melakukan ; Olah raga secara teratur, diet yang menyehatkan, dan melaksanakan puasa senin kamis.

Ketiga cara diatas tersebut, jika kita lakukan/ praktekkan dengan benar, insyaallah dijamin akan menurunkan kadar lemak dari dalam tubuh kita. Dan dampak positifnya, tubuh kita akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit, seperti misalnya ; tekanan darah tinggi, atau kolesterol.

Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Saat kita melaksanakan puasa senin kamis, pasti kita akan merasakan rasa lapar dan rasa haus. Rasa seperti itulah yang akan dirasakan oleh kebanyakan orang miskin, fakir atau orang-orang yang tidak mampu. Mereka mencari berbagai cara untuk mengisi perutnya supaya tetap bisa hidup hingga mereka mengemis sampai-sampai mereka memungut makanan dari sisa-sisa tumpukan sampah.

Akan tetapi, kita tentu masih lebih beruntung sebab tidak mengalami hal diatas tersebut. Maka dari itu, orang yang terbiasa melaksanakan puasa senin kamis akan lebih peka terhadap situasi dan kondisi di lingkungan sekitarnya. Rasa inilah yang menjadikan kita lebih berbesar hati ketika berpuasa tersebut yakni mengalami rasa haus dan lapar, seperti yang dirasakan oleh mereka (orang-orang miskin).

Menenangkan Jiwa Dan Perasaan

Bagi kita yang sudah terbiasa mengamalkan puasa senin kamis ini biasanya lebih mampu mengontrol perasaan dan pikirannya. Contoh misal ; dengan puasa senin kamis ini orang bisa lebih bersabar lagi, orang bisa mengontrol hawa naf-sunya, serta mengontrol dalam berpikir yang negatif atau kotor.

Nah.., dengan terkontrolnya pikiran kita, maka akan dapat menyebabkan ketenangan jiwa dan perasaan. Oleh sebab itu, bagi kita yang selama ini masih selalu dihantui oleh rasa takut, depresi, stres atau bahkan mengarah pada gangguan kejiwaan kita. Maka alangkah baiknya kita mencoba melakukan puasa senin kamis supaya jiwa dan pikiran kita lebih tenang dan terkontrol lagi.

Lebih Banyak Beramal

Orang yang terbiasa dalam mengamalkan puasa senin kamis ini niscaya akan lebih meningkatkan kualitas amalan-amalan ibadahnya dengan banyak. Seperti misalnya; memberikan bantuan pada yang lebih membutuhkan atau kepada fakir miskin, atau kepada anak-anak yatim piatu.

Karena orang tersebut akan memiliki keyakin bahwasanya dengan memperbanyak amalan tambahan pendamping puasa senin kamis ini (yang ia laksanakan), maka pastinya akan memperoleh banyak sekali pahala yang berlipat-lipat. Itulah dampak positif yang secara tidak langsung bisa diraih setiap kita mengamalkan ibadah puasa senin kamis ini.

 

Saudaraku, itulah seputar hikmah dan manfaat puasa senin kamis, yang mungkin akan bermanfaat bagi kita dalam mengukuhkan berbagai amalan-amalan ibadah kita kepada Allah SWT, dan semoga dengan kita melatih dan berusaha mengamalkan puasa senin kamis ini, kita selalu mendapatkan lindungan dan rahmat dari Allah SWT.

Aamiin..!

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.