Guru Inspirasi Islam - Retno ketika mengajar harus menggendong putranya yang lumpuh
Guru Inspirasi Islam - Retno ketika mengajar harus menggendong putranya yang lumpuh (foto: Rustaman Nusantara, kompasnia)

Guru Yang Baik Menurut Islam Serta Perannya Bagi Islam

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Guru merupakan mediator ilmu untuk para peserta didik. Sebagai guru yang baik, sudah sepatutnyalah beban moril yang sangat besar, yang harus diembannya. Sehingga, perkembangan kepribadian dan wawasan murid atau peserta didik berada dalam genggaman guru.

Agar menjadi guru yang bertanggung jawab serta bisa melaksanakan tugasnya secara baik, maka perlu adanya panduan tentang bagaimana menjadi guru yang baik menurut Islam tersebut. Alasan yang menjadikan Islam sebagai acuan yang paling tepat adalah karena dalam Islam tersebut, ada pembelajaran yang sangat lengkap mengenai pendidikan yang baik dan bijak.

Saudaraku, Dalam Islam seorang Guru itu bukan hanya sebatas profesi, melainkan ada tujuan lain yang lebih penting untuk bisa dicapai dengan peran guru tersebut, Seperti misalnya ; pengembangan negara, pelestarian peraturan, dan tata tertib dalam kehidupan, serta yang paling penting adalah keberlangsungan ilmu Islam di dunia ini. Tanpa adanya tujuan dalam menyampaikan semua, maka bisa jadi semua ilmu yang baik akan terputus begitu saja.

Sesungguhnya peran seorang guru bagi Islam itu, akan selalu membuat kejayaan agama serta ajaran Islam tetap cemerlang dan bersinar, Sebab guru yang baik akan memberikan pemahaman dan pengertian bagaimana menjadi seorang mediator yang baik bagi para muridnya, serta bagaimana menyampaikan semua materi perihal ilmu keislaman yang pernah didapatkannya dulu.

Saudaraku, proses itulah yang akan membuat Islam tersebut tetap jaya, dan oleh sebab itulah peran guru bagi Islam sangatlah penting sekali, yang tanpa pamrih mengamalkan segala ilmunya kepada para muridnya dengan harapan, semata-mata untuk mendapatkan ridho dan karunia Allah SWT.

Ada 4 Point inti dalam pembahasan diatas ini, mengenai guru yang baik menurut Islam, adalah sebagai berikut ;

  1. Yang tanpa pamrih mengamalkan ilmunya untuk mendapatkan Ridho Allah SWT,
  2. Memiliki beban moril yang tinggi untuk membentuk kepribadian generasi penerus yang berakhlak mulia,
  3. Memberikan materi dan keilmuan yang didasarkan pada sumber terpercaya yang bisa dipertanggung jawabkan, dan
  4. Yang paling penting mereka bisa memberikan teladan yang baik kepada murid muridnya untuk dicontoh dan ditiru.

 

Semoga bermanfaat !

 

 

Oleh : Yayat Ruhyadi (Bandung)
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.