KH Maimoen Zubair - Jaga Lisanmu dari Ghibah
KH Maimoen Zubair - Jaga Lisanmu dari Ghibah

Ghibah Dalam Islam Dan Bahaya Ghibah

MutiaraPublic.Com – Ghibah Dalam Islam Dan Bahaya Ghibah, Ghibah kata Imam Nawawi adalah perilaku yang menyebutkan kejelekan orang lain pada saat orang tersebut tidak ada saat pembicaraan. (Shahih Muslim, 16: 129).

Dalam Al-Adzkar (halaman 597), Imam Nawawi juga menyebutkan ghibah dalam islam, “Ghibah adalah merupakan sesuatu yang amat jelek, namun tersebar dikhalayak ramai. Tidak sedikit Orang Yang bisa selamat dari tergelincirnya lisan seperti ini. Ghibah membicarakan (menceritakan) sesuatu hal yang ada pada orang lain, akan yang diceritakan itu adalah sesuatu hal yang ia tidak suka untuk diperdengarkan pada orang lain. Sesuatu hal yang diceritakan tersebut bisa jadi terletak pada badan, dunia, agama, bentuk fisik, diri, akhlak, anak, orang tua, harta, istri, pembantu, gerak-gerik, cara jalan, budak, pakaian, wajah berseri, kebodohan, wajah cemberutnya, kefasihan lidah, atau segala sesuatu perihal yang berkaitan dengannya. Cara ghibah itu bisa jadi melalui lisan, isyarat, tulisan, atau bermain isyarat dengan tangan, mata, kepala atau semisal lainnya”,

Bahaya Ghibah

Saudara/i-ku MutiaraPublic Rahimakumullah…, perbuatan ghibah jelas dilarang dalam Islam. Sebab tidak saja akan menyinggung orang yang dibicarakan. Ghibah juga akan memakan amal perbuatan bagi orang yang melakukannya. Jika seseorang berbuat ghibah terhadap saudaranya, kemudian orang itu lantas tidak minta maaf kepada yang bersangkutan, maka di akhirat urusannya akan lama, urusannya tidak selesai beitu saja.

Bagi mereka yang mendzalimi-termasuk ghibah-pahala amalnya itu akan diberikan kepada orang yang dia dzalimi. Maka pada saat semuanya ditimbang, orang yang dibicarakan tersebut akan menerima limpahan pahala, ia menerima amal lebih banyak yang di kuras dari orang yang berbuat ghibah tersebut.

Begitu pula demikian ada hitungan tertentu bagi orang-orang yang dengan sengaja mencari sensasi. Ia melakukan suatu perbuatan yang aneh dan nyleneh, sehingga masyarakat ramai membicarakan dirinya. Bagi orang seperti ini Allah S.W.T. akan memberikan perhitungan yang berbeda.

Bahkan apabila yang dilakukannya berkaitan dengan perbuatan yang tercela. Misalnya seorang pejabat tinggi membuat pernyataan yang mengundang kontroversi. Hal itu dilakukannya dengan sengaja karena sebelum menjabat pun dia orang yang controversial. Orang-orang akhirnya membicarakannya. Bahwa orang kemudian terpancing untuk membicarakan tentu bukan alasan. Ghibah adalah ghibah. Tidak bisa kita beralasan, tetap saja kenylenehan seseorang tersebut seharusnya tidak memancing kita untuk berbuat ghibah. Orang yang memancingpun pasti akan mendapatkan ganjara yang setimpal karena dengan sengaja membuat orang celaka.

Bagi seorang muslim, yang menjadi objek ghibah atau bahkan difitnah tidak perlu takut. Kadang seseorang takut citranya jatuh dihadapan manusia. Namun dia tidak takut citranya jatuh di mata Tuhan. Fitnah yang merusak namanya di mata manusia tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab di sisi Allah S.W.T. semuanya akan terbuka. Allah S.W.T akan menilai sesuai dengan hati nurani masing-masing. Masih ada tambahannya, bagi yang di ghibah niscaya di akhirat kelak ia harus siap-siap untuk menerima limpahan pahala yang datang tidak terduga-duga.

 

Abu Umamah al-Bahili berkata, “Seorang hamba
Ditimbang amalnya. Di saat pengadilan akhirat tiba,
Terlihat oleh dirinya ada kebaikan-kebaikan yang tak
Merasa ia melakukakannya. Lalu ia bertanya, ‘Wahai
Tuhanku, darimana kebaikan-kebaikan ini asalnya?’
Jawab yang Mahamulia, ‘Itulah kebaikan milik
Mereka yang ghibah padamu selama kau tak ada
Hingga dirimu tak merasa.’”

 

 

 

Oleh : Ustadz Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.