Empat Penghunia Dunia - (ilustrasi)
Empat Penghunia Dunia - (ilustrasi)

Empat Penghuni Dunia, Riwayat Tirmidzi dan Ahmad

MutiaraPublic.com – Seperti yang telah dipaparkan, dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ahmad di bawah ini, bahwasanya kehidupan di pentas dunia ini terdiri dari Empat macam ragam kelompok manusia, berikut haditsnya ;

Dunia dihuni (terdiri) empat ragam kelompok manusia.
Yang Pertama, seorang hamba yang diberi (diperuntukkan) Allah harta kekayaan serta (diperuntukkan) ilmu pengetahuan, Kemudian (dia) bertakwa kepada Robb-nya, (serta) menyantuni sanak-keluarganya dan juga melakukan apa yang telah diwajibkan oleh Allah atasnya maka (sesungguhnya) dia berkedudukan paling mulia.
Yang Kedua, seorang yang diberi (diperuntukkan) Allah ilmu pengetahuan saja, dan tidak diberi harta, Namun dia masih tetap berniat untuk bersungguh-sungguh. (dengan kata lain) Sebenarnya jikalau memperoleh harta dia pun juga akan berbuat sama seperti yang dilakukan rekannya (kelompok Yang Pertama). Maka pahalanya mereka berdua ini (kelompok Yang Pertama dan Kedua) adalah sama (dimata Allah SWT).
Yang Ketiga, seorang hamba diberi (diperuntukkan) oleh Allah harta kekayaan, Namun ia tidak diberi ilmu pengetahuan (oleh Allah SWT). Dia membelanjakan hartanya dengan (cara) foya-foya (berhamburan/ boros) tanpa ilmu (kebijaksanaan). Ia juga sama sekali tidak bertakwa kepada Allah SWT, (ia juga) tidak menyantuni keluarga dekatnya, serta tidak peduli terhadap hak Allah. Maka (sesungguhnya) dia berkedudukan orang paling jahat dan keji.
Yang Keempat, seorang hamba yang (sama sekali) tidak memperoleh rezeki harta ataupun ilmu pengetahuan dari Allah SWT. lalu kemudian dia berkata seandainya diriku memiliki harta benda/ kekayaan maka (pastinya) aku akan melakukan layaknya seperti  orang-orang (mereka) yang telah menghamburkan uang, serampangan serta membabi-buta (seperti kelompok Yang Ketiga), maka (sesungguhnya) timbangan keduanya sama (Kelompok Yang Ketiga dan Keempat sama dimata Allah).

(Diriwayatkan Oleh Tirmidzi dan Ahmad).

 

 

Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.