Dzikir Alhamdulillah Memenuhi Timbangan Allah
Dzikir Alhamdulillah Memenuhi Timbangan Allah

Dzikir Alhamdulillah Memenuhi Timbangan Allah

MutiaraPublic.Com – Dari Abi Malik Al Harits Bin ‘Ashim Al Asy’ary (ra) berkata bahwa: Telah bersabda Baginda Rasulullah S.A.W. ; “BERSIH itu merupakan bagian dari iman, dan ALHAMDULILLAH memenuhi timbangan, serta SUBHANALLAH dan ALHAMDULILLAH kedua-duanya (mampu) memenuhi ruang antara langit dan bumi, dan SHOLAT itu cahaya, dan SEDEKAH itu bukti, dan SABAR itu sinaran, serta AL-QUR’AN itu merupakan hujjah (dalil) bagi engkau atau atas diri engkau, Setiap manusia berpagi-pagi, maka ada yang menjual dirinya, lalu dimerdekakannya atau dibinasakannya” (HR. Imam Muslim)

Saudara/i-ku MutiaraPublic yang dirahmati Allah SWT, pada hadits diatas terdapat kalimat “ALHAMDULILLAH memenuhi timbangan” : Dzikir Alhamdulillah memenuhi timbangan Allah Ini berarti ganjaran atau pahala menyebutnya serta memahami maknanya dan beramal dengan maksudnya adalah memenuhi timbangan kebajikan kita di akhirat kelak yang mana Allah SWT Ridho.

Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) itu merupakan salah satu bentuk bukti rasa kesyukuran kita (rasa terimakasih seorang manusia) kepada Allah Sang Maha Pencipta. Dzikir Alhamdulillah sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap segala bentuk nikmat, bentuk rizqi serta berbagai anugerah yang diperoleh kita. Dan Dengan kita melantumkan Dzikir Alhamdulillah tersebut kita ini sudah termasuk hamba yang tahu diri perihal sumber berjuta-juta kenikmatan yang kita peroleh.

Saudara/i-ku MutiaraPublic yang dirahmati Allah SWT Ungkapan atau Dzikir Alhamdulillah inilah yang pada nantinya akan menambah beratnya timbangan amal kebaikan kita ketika di sisi Allah SWT yakni, di akherat kelak. Semakin banyak kita melantunkan Dzikir Alhamdulillah, maka akan semakin bertambah berat amalan kebaikan kita di sisi Allah SWT. 

Allah S.W.T. Berfirman ;

“Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian maka niscaya aku akan menambah nikmat yang telah aku berikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih.” (Q.S. Ibrahim: 7)

 

 

 

Oleh : Ustadz Ahmad Hasan
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.