Habib Umar bin Hafidz, Cara Allah Mendidik Hambanya
Habib Umar bin Hafidz, Cara Allah Mendidik Hambanya

Beginilah Cara Allah Mendidik Hambanya

MutiaraPublic.Com – Saudara/i ku MutiaraPublic yang di Rahmati Allah S.W.T. , Cara Allah Mendidik Hambanya, Kalau kita benar-benar termasuk orang  yang beriman, ketika musibah menimpa kita, seharusnya kita berdo’a kepada Allah S.W.T.; “Ya Allah aku bukan menolak takdir-MU, tapi aku mohon berikanlah diri ini kemampuan untuk mengambil hikmah di balik semuanya.” Orang seperti inilah yang akan mendapatkan nur dan hidayah dari Allah S.W.T., ia akan diberi tahu tentang hikmah yang terkandung di balik segala musibah yang menimpanya.

Namun, hal itu tidak akan diberikan, kecuali kita senantiasa memohon dengan kekuatan ibadah keapda-Nya. Nur dan  hidayah, tidak serta merta Allah S.W.T. berikan keapada kita. Bahkan hal itu tidak cukup hanya minta ampun dengan duduk berzikir, kerena hakekat pengampunan itu adalah hak Allah. Kalau kita sudah berdo’a kepada Allah S.W.T., lalu kemudian kita terkena musibah, maka sungguh ini adalah merupakan cara Allah S.W.T. dalam memberikan ampunan atas dosa-dosa kita. Tentu saja hal itu terpenuhi jika kita senantiasa tetap bersabar dan senantiasa istiqamah di jalan Allah S.W.T..

Oleh karena itu, Saudara/i ku MutiaraPublic yang di Rahmati Allah S.W.T. kita tidak cukup hanya minta ampunan dalam arti verbal (formalisme). Sebab, kalau begitu  kita  terlalu enak. Tapi, kita harus ingat bahwa. Allah S.W.T. tidak akan berbauat zalim terhadap hamba-Nya, agar seorang hamba tetap mendapat petunjuk-Nya dan tetap berada pada jalan yang di ridhoi Allah S.W.T.

Yang sangat disayangkan adalah apabila kita selalu berpikir dan menyangka bahwa semua yang membuat kita menderita, dianggap sebagai musibah. Padahal kalau kita kaji, di balik semua penderitaan itu terdapat beribu-ribu hikmah, di balik perbaikan dan kebaikan, jika kita mau mengambil pelajaran di dalamnya. Hal ini tidak lain hanya untuk menjadikan kita lebih baik dan melakukan suatu tindakan yang terbaik.

Cara Allah Mendidik Hambanya dengan pelajaran dan kebaikan yang bersumber dari Allah S.W.T. seperti itu, terkadang malah kita sikapi negative bahkan su’uzhan (ber-buruk sangka) kepada Allah S.W.T. Inilah masalahnya. Ada lakon (perbuatan) negative yang diperbuat oleh kita, yang tidak sebanding dengan lakon (perbuatan) positif yang diperbuat oleh-Nya kepada kita. Kalau begitu, ini meunjukkan bahwa kita berhijab dari petunjuk-Nya dan akan semakin jauh dari koridor jalan yang lurus (shirathal mustaqiim)…., na’udzu billahi min dzalik..!

 

 

 

Oleh : Suparto
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.