Bimbingan Dalam Pergaulan
Bimbingan Dalam Pergaulan

Nasehat Bijak : Bimbingan Dalam Pergaulan

MutiaraPublic.com – Saudaraku yang dirahmati Allah SWT. Islam sebagai agama kebahagiaan telah mengatur perihal bimbingan dalam pergaulan atau tatacara dalam pergaulan. Pergaulan yakni antara laki-laki dan wanita sangat dibatasi dalam Islam. Ikhtilath (Bercampur­-baur laki-laki dan wanita bukan mahram dalam satu tempat tanpa sekat), dan khalwat ( Berdua-duaannya seorang laki-laki dan wanita bukan mahram di tempat yang menyendiri ) begitu dilarang dalam syari’at yang sempurna ini. Sebab, tidak sedikit kasus per-zinaan maupun perselingkuhan dimulai dari ikhtilayh dan khalwat.

Oleh karena itu, sebagai bentuk pembiasaan, sejak usia dini anak laki-laki harus dipisah dari wanita. Rasulullah SAW bersabda : {“ Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat saat mereka berusia tujuh tahun. Pukullah (pukulan yang mendidik, pen-) bila mereka enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka “} (HR. Ahmad no.6757)

Para pembaca MutiaraPublic yang dirahmati Allah SWT, demikian indahnya ajaran Islam. Islam mengajarkan “saddud-dzari’ah”, langkah preventif atau upaya pencegahan. Mencegah itu lebih baik serta lebih mudah daripada mengobati. Meski bersaudara dan masih kecil, anak-anak harus di pisahkan tempat tidur mereka dan di batasi interaksi mereka. Maka, untuk selain mereka (yang tidak bersaudara dan sudah baligh) hukum tersebut lebih di tekankan .

Pembatasan hubungan antara laki-laki dengan wanita bukan bentuk pengekangan terhadap hak asai manusia. Justru, dengan bimbingan tersebut nilai-nilai kehormatan akan tetap terjaga.

Kita bisa melihat fakta bagi mereka yang melegalkan pergaulan bebas. Tidak usah jauh-jauh ke negara Barat, kita bisa lihat saja kondisi generasi muda kita, Bangsa Indonesia, bagaimana bimbingan dalam pergaulan tersebut tercipta. Bukan rahasia umum lagi, menikah dengan perut membusung karena hamil atau sambil menggendong bayi. Atau berapa banyak bayi lahir tanpa diketahui dengan jelas siapa bapaknya. Na’udzubillah…., semoga Allah SWT menjaga dan melindungi generasi muda kita dari pergaulan bebas.

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus waspada. Marilah berbenah! Kita tanamkan nilai-nilai Islam dalam semua aspek kehidupan kita. Landasilah pertemanan dengan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah Sang Pencipta. Jauhi pergaulan bebas. Carilah kawan-kawan, atau sahabat yang bisa mengingatkan kita apabila kita lupa dan alpa dalam menjalankan kewajibannya.

Bagi Anda, wahai orang tua! sudah saatnya Anda melihat kembali teman putra-putri Anda. Bimbinglah mereka dengan bimbingan ala Rasulullah SAW terutama dalam hal pergaulan. Serta ingatlah bahwa bimbingan beliau Baginda Rasulullah SAW telah menelorkan sekian sahabat muda yang begitu mulia.

 

 

Oleh : Suparto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.