Berlebihan Yang Dibenci Dan Dicintai ALLAH SWT
Berlebihan Yang Dibenci Dan Dicintai ALLAH SWT

Berlebihan Yang Dibenci Dan Dicintai ALLAH SWT ?

Ada beberapa hal yang tidak disukai oleh Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana berikut ini :

 

Pertama, Katsratul Anam (terlalu banyak gaul), ke sana ke mari hanya bergaul (kecuali untuk perihal silaturahmi). Janganlah banyak bergaul dengan siapa pun, kecuali kepada orang mukmin innama al-mu’minuuna ikhwah (al-Hujarat:10), khasnya orang yang beriman mempunyai saudara hamba-hamba Allah yang beriman. Kebaikan akan menular sebagaimana keburukan juga akan menular (su’ul khulqi yufshi). Oleh karena itu, diantara kiat menjaga ketaqwaan kepada Allah ialah bergaul dengan sahabat yang sholeh. Jadilah hamba Allah yang selalu bersama Allah. Kalau tidak, mendekatlah, bersahabatlah, dan begaullah dengan hamba Allah yang selalu bersama Allah. Karena ia akan mengajakmu kejalan Allah. Shiraathalmustaqiim….

 

Kedua, Katsratul Kalam (banyak bicara). Orang yang banyak bicara cenderung tidak berwibawa. Banyak bicara banyak salahnya, banyak dustanya (katsratul kalam katsratul kidzb, salamatul insan fi hifdzil lisan; selamatnya seseorang tergantung pada kemampuannya menjaga lisannya). Bahkan banyak bicara merupakan salah satu tanda penyakit nifaq atau karakter orang munafiq. Dalam sebuah hadits diterangkan :

“Dari Abu Umamah r.a. dari Nabi SAW bersabda; Rasa malu dan sedikit bicara merupakan dua cabang iman, sedangkan berkata kotor dan banyak bicara merupakan dua cabang kemunafikan. ” (HR. At-Tirmidzi)

 

Ketiga, Katsratul Akl (banyak makan). Makan yang berlebihan dan terlalu banyak sangat tidak disukai Allah dan Rasul-Nya. Sederhanakanlah dalam makan, minum, dan berpakaian karena hal itu disukai oleh Allah dan Rasul-Nya. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (Al-A’raf [7]: 31)

 

Keempat, Katsratud Dhahak ai Katsratul mizah (banyak tertawa, banyak bercanda). Orang yang sering tertawa dan bercanda maka hatinya akan keras. Hati yang keras sangat sulit untuk khusuk.

“Dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah S.A.W. bersabda; “Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa dapat mematikan hati” (H.R. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

 

Kelima, Katsratul Naum (banyak tidur). Sifat malas sangat tidak disukai oleh Allah S.W.T. dan Rasulullah S.A.W.. Waktu tidur yang paling tidak disukai Rasulullah S.A.W. adalah tidur setelah shubuh. Orang yang tidur setelah shubuh, Rasulullah S.A.W. memperingatkan sebagai alamatul faqir (ciri dari orang fakir).

 

Keenam, ishraf dan mubadzir. Banyak memiliki sesuatu tapi sedikit manfaatnya. Subhanallah. Banyak pakaian tapi banyak yang tidak terpakai, punya banyak mobil tapi hanya satu yang dipakai, mubazir! Begitu pula menumpuk-numpuk duit tapi tidak diinfakkan dan tidak disedekahkan, maka akan menjadi kurang manfaatnya.

Sedangkan sesuatu yang banyak dan dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya adalah dzikrullah (zikir kepada Allah). Kita disuruh agar memperbanyak zikir kepada Allah S.W.T. sebagaimana firman-Nya, berikut ini:

“Wahai orang-orang yang beriman perbanyaklah zikir kepada Allah sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah kalian kepada Allah sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah kalian kepada Allah di waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan Malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu). Supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Al-Ahzab [33]: 41-43)

 

Semoga kita semua bukanlah termasuk golongan hamba-hamba yang dibenci oleh Allah S.W.T.. Apabila Allah S.W.T. tidak lagi melihat kita dengan pandangan rahmat-Nya, Maka kepada siapa lagi kita berharap?

 

 

 

Sumber : Tausiyah Ustadz M. Arifin Ilham
Oleh : Ning Silviana Sholeha
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.