Orang Yang Hatinya Keras
Orang Yang Hatinya Keras

Ciri-ciri Orang Yang Hatinya Keras

MutiaraPublic.Com – Setiap insan itu mempunyai sifat yang berbeda-beda. Sifat tersebut pun kadangkala bisa berubah-ubah setiap saat/ setiap waktu. Begitu pula dengan hati ini, ia pun sama juga memiliki sifat. Kadang Hati ini bisa menjadi sehat dan juga kadangkala bisa menjadi sakit. Sebagaimana Firman Allah S.W.T :

{ وَالَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ غَرَّ هَؤُلَاءِ دِينُهُمْ }

“…Dan mereka (orang-orang) yang terdapat penyakit di dalam hati-nya berkata, ‘Mereka itu (orang-orang mu’min) ditipu oleh agama nya.” (Al-Anfâl : 49)

Hati ini juga kadang bisa menjadi lunak dan kadang kala juga bisa menjadi keras. Sebagaimana Allah S.W.T. berfirman :

{ ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً }

“Kemudian setelah itu hati kalian menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi.” (QS Al-Baqarah : 74)

Saudara/i ku yang dirahmati Allah SWT, begitu juga dengan hati ini, bisa bersinar, mengkilap, dan hati bisa juga menjadi hitam pekat, hitam kelam. Maka dari itu saudara/i ku, diusahakan untuk sebisa mungkin kita memperhatikan dan merawat kondisi hati kita setiap waktu/ saat. Dan janganlah sampai hati ini menjadi hati yang keras atau hati ini mulai mengeras, sehingga pada suatu saat akhirnya akan menjadi keras. Na’ûdzu billâhi min dzâlik.

Berikut ini adalah Tanda-tanda atau Ciri-ciri orang yang hatinya keras :

  • Orang yang belum cinta kepada Allah S.W.T. Jika ini yang terjadi di dalam diri seorang mu’min, maka jangan harap ada getaran-getaran di dalam hatinya, karena hatinya telah tertutup.
  • Orang yang amat mencintai dunia, jangan harap ada getaran-getaran di hatinya, karena sesungguhnya yang ada dalam hatinya hanyalah urusan duniawi sehingga hatinya tertutup dan lupa terhadap yang menciptakannya, Allah S.W.T..
  • Orang yang munafiq. Mulutnya rajin berdzikir, tapi rajin juga berdusta. Dzkirnya rajin tapi maksiatnya juga rajin, dan shalatnya rajin tapi maksiat jalan terus, istilah lainnya STMJ (Sholat Terus Maksiat Jalan).
  • Orang yang banyak makan dengan makanan yang haram. Jangan harapkan dia bisa lembut hatinya. Justru sebaliknya, hatinya tersebut akan menjadi keras.
  • Orang yang banyak bicara yang tidak perlu (banyak bicara tapi tidak ada manfaatnya), orang yang banyak berbuat makruh, dan sia-sia. Tapi orang yang khusyuk, ia tidak mau melakukan hal-hal yang sia-sia. Tidak mungkin ia nongkrong (berlama-lama) di depan televisi dan bicara yang tidak perlu. Orang yang beriman, tidak mau melakukan sesuatu yang sia-sia. Dia ingin selalu menggunakan waktunya untuk sesuatu yang bermanfaat. Bagi orang-orang yang khusyuk dan beriman, satu detik di dalam kubur, di alam barzakh lebih mahal dari pada dunia dengan segala isinya. Karena apa??? Orang di alam akhirat, akan minta dikembalikan ke muka bumi ini walaupun hanya sedetik. Tapi, mustahil itu bisa terjadi (Laula Akhartani ila Ajalin Qarib). Oleh karena itu, jangan pernah membuang-buang waktu walaupun hanya sedetik. Isilah setiap waktu tersebut dengan berdzikir, yakni dzikir hati, zikir akal (menangkap bahasa Allah S.W.T. di balik alam semesta), dzikir lisan, dan dzikir amal (akhlak yang mulia) seperti misalnya; senyum, menolong, memberdayakan orang yang lemah, dan selalu rajin sedekah.
  • Orang yang suka melihat aurat/sesuatu yang diharamkan. Kalau mata ini sudah dibiasakan untuk melihat sesuatu yang haram, maka hati kita akan menjadi keras. Coba, apa yang terbayang kalau ada orang yang berjoget di depan mata, dalam tayangan televisi misalnya? Saat itu setan menari-nari bersama orang-orang yang berjoget, sehingga akan mengeraskan hati. Jika hati kita sudah keras, maka akan sulit merasakan kenikmatan ibadah, menjadikan ibadahkita hampa dan kosong tanpa makna.

 

Itulah Ciri-ciri Orang Yang Hatinya Keras, Semoga kita bisa mengambil hikmah dari tulisan ini dan menambah ilmu yang bermanfaat dalam meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kehadirat Allah SWT. ! Aamiiiin…

 

 

 

Oleh : Suparto
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.