Manfaat Shalat Menurut Fakta Ilmiah
Manfaat Shalat Menurut Fakta Ilmiah

Baru : Manfaat Shalat Menurut Fakta Ilmiah

MutiaraPublic.com – Saudaraku, barangkali sebagian dari kita mungkin ada yang menganggap bahwa shalat itu hanya sebatas ibadah ritual dan kewajiban kita kepada Sang Pencipta. Sehingga mungkin terdapat banyak sekali dari kita sebagai muslim ketika iman ini sedang turun sehingga terlintas di benak pikiran malas atau membosankan hingga pada akhirnya kita pun meninggalkan shalat hanya karena mengejar urusan duniawi semata.

Perlu diketahui, bahwa di balik gerakan shalat dan bacaan ini ternyata fakta ilmiah menunjukkan bahwa terdapat hikmah atau manfaat besar bagi kehidupan duniawi kita, terdapat manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita. Oleh kerena itu di akhir-akhir bulan suci Ramadhan ini, marilah kita renungkan sejenak manfaat yang Allah SWT limpahkan kepada kita dengan melalui rukun Islam yang Ke-Dua ini (Shalat), sebagaimana berikut Manfaat Shalat menurut Fakta Ilmiah :

1. Ternyata Shalat itu Mampu Menyebuhkan Rematik

Sebagaimana Para ilmuwan dan medis mengungkapkan, bahwa Gerakan Shalat ini adalah merupakan jenis gerakan terbaik yang sanggup menyembuhkan penyakit rematik (terutama pada tulang punggung kita) yang diakibatkan ketidakseimbangan otot-otot pada tubuh kita. Sebagaimana juga saran dari para medis/ dokter Muslim, mereka menyatakan bahwa tidak ada solusi terbaik dalam mencegah dan menghindari rematik sejak dini, yakni kecuali secara konsisten menunaikan shalat fardhu 5 waktu. Gerakan yang dimaksudkan tersebut adalah gerakan ketika kita rukuk, gerakan berdiri tegak dan sujud. gerakan seperti itu adalah gerakan yang dilaksanakan secara thu’maninah (shalat tidak tergesa-gesa) serta sebaiknya lebih lama lebih baik dan lebih khusu’.

2. Ternyata Shalat itu Mampu Melancarkan Sistem Peredaran Darah dan juga Sebagai Terapi Bagi Penyakit Jantung

Penelitian ilmiah dan kedokteran telah mengungkapkan dan menjelaskan bahwasanya kasus tersumbat-nya peredaran darah dalam tubuh kita yang akhirnya berimbas pada terhambat-nya fungsi paru-paru kita serta kasus tersumbat-nya peredaran darah terutama pada kaki kita itu, ternyata bukanlah termasuk kasus yang dialami oleh Umat Muslim yang rajin dan disiplin dalam melaksanakan shalat Fardhu. Justru Kasus seperti ini umumnya dialami oleh mereka dengan persentase 5 dari seribu orang-orang (non-Muslim) pasca bedah tersebut. MasyaAllah.. Allahu Akbar !

3. Ternyata Shalat itu Merupakan Salah Satu Gerakan Olahraga Terbaik Yang Pernah Ada.

Ternyatam telah diketahui dan dijelaskan secara medis bahwasanya dengan kita ber-disiplin melaksanakan shalat setiap waktunya dan ditambah dengan shalat malam, maka akan berdampak pada perubahan terhadapa gerak otot dalam tubuh kita. Hal ini akan sangat mampu membangkitkan semangat jiwa baru pada tubuh kita ini, serta akan mampu mengikis timbunan berbagai lemak jahat di sekitar perut dan paha kita serta akan mampu memperlambat efek-efek penuaan terhadap tubuh kita.

Bahkan, jika kita konsistensi dalam melakukan shalat akan mampu mempercepat munculnya vita-litas tubuh secara 24 jam non stop per harinya. Maka dengan demikian, shalat ini merupakan latihan yang sangat paling mudah dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

4. Ternyata Shalat itu Mampu Mengurangi Kekhawatiran Dalam Diri

Dalam harian pada surat kabar London West telah diungkapkan bahwasanya selama 10 tahun, Bangsa Eropa sudah mengadakan berbagai penelitian komparasi antara mereka yang selalu disiplin dalam melaksanakan ritual ibadah (shalat) dengan mereka yakni orang-orang yang sama sekali tidak pernah melakukan ritual ibadah tersebut. Dan MasyaAllah.. Allahu Akbar ! Mereka menyimpulkan dari penelitian yang didapatkan bahwasanya persentase penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stress dan depresi sangat jarang dan tidak begitu banyak menyerang orang-orang (mereka) yang konsisten terhadap ritual ibadahnya.

5. Ternyata Inilah Manfaat Khusu’ Dalam Sholat

Seorang ahli psikolog (William Molton Marstein), pada majalah Reader Digest telah menyatakan bahwa kemampuan dalam memusatkan pikiran biasa dialami oleh setiap individu dalam kehidupannya. Misalnya seperti ; seorang pemimpin akan memusatkan pikirannya dalam menghadapi berbagai masalah yang datang bertubi-tubi. Hal yang bisa menurunkan kemampuan dalam memusatkan pikirannya serta bahkan bisa merusaknya adalah suatu penyimpangan dan mereka terlalu sibuk dalam menuruti hawa naf-shu. William Molton Marstein juga menyatakan bahwa akal kita itu merupakan suatu alat yang mengagumkan dan sangat memiliki kemampuan yang hebat apabila kita fokuskan pada suatu titik.

Berkaitan dengan itu juga di negara Amerika telah dilakukan berbagai latihan tentang berbicara kepada suatu obyek yakni dengan menghadirkan hati yang tenang dan khusu’ dalam setiap kalimat yang mereka ucapkan hal ini tentunya dengan maksud dan tujuan agar meningkatkan semangat dan kekuatan untuk berkeinginan dalam beraktivitas. Tapi sayang mereka (negara Amerika) itu tidak mengkaji dan mengetahui tentang ibadahnya kaum Muslim yakni Shalat Khusu’. Padahal ketika melaksanakan shalat dengan Khusu’ ini maka otomatis obyek yang dituju kita dalam shalat tersebut adalah Dzat Yang Maha Agung, dan tentu saja ini akan mempunyai kekuatan besar yang didapatkan dan bahkan sangat jauh lebih hebat dari apa yang mereka bayangkan. Allahu akbar….

 

Demikianlah tulisan singkat ini tentang manfaat shalat menurut fakta ilmiah, semoga  tulisan ini bermanfaat bagi semua, khususnya pembaca agar dapat menjadi semangat baru dalam melaksanakan shalat dan menambah keimanan kita kepada Sang Pencipta Allah SWT. Aamiin !

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.