Aa Gym ; Taubatlah, Walaupun Itu Taubat Sambel !
Aa Gym ; Taubatlah, Walaupun Itu Taubat Sambel !

Aa Gym ; Taubatlah, Walaupun Itu Taubat Sambel !

Baginda Rasulullah SAW. bersabda ;

MutiaraPublic.com – Saudaraku, dalam kajian ayat diatas ini, sesungguhnya orang yang dalam taubat… taubat… taubat dan terus bertaubat. Niscaya Allah SWT akan mengganti suasana hatinya, yang sempit, yang galau, yang tertekan, akan barubah menjadi hilang karena akan dilapangkan Oleh Allah SWT.

Tidak hanya itu, Allah SWT juga akan membuka jalan keluar dari berbagai kesulitannya, dan Allah SWT akan menjanjikan rejeki, pertolongan tanpa diduga-duga. Saudaraku, karunia ini sudah ada, semua masalah dari jalan kita sudah ada. artinya tidak ada yang tidak tersedia disisi Allah SWT.

Apa yang menjadi masalah kita semuanya sudah ada, apa yang menjadi keperluan kita seluruhnya telah ada. Akan tetapi semua ini terhalang, terhalang oleh lumuran dosa kita. Seperti ibaratnya, kita naik mobil yang kacanya kotor. Artinya bukan tidak ada jalan, jalan itu sebenarnya ada, akan tetapi karena jalan tersebut tertutup oleh kotoran dan lumpur dalam kaca mobil kita, maka akan timbul rasa galau dan gelisah.

Rasa gelisah tersebut bukan karena tidak adanya jalan, melainkan gelisah karena tidak melihat jalan. Kita gelisah itu bukan tidak ada jalan solusi melainkan tidak melihat jalan solusi tersebut.

Hal ini terjadi dikarenakan tertutupnya mata hati kita oleh berbagai lumuran dosa kita, lumuran maksiat, dan semua keburukan yang tidak pernah kita taubati, dan kita tidak pernah mau membersihkannya.

Dan bagi mereka yang terus taubat, seperti halnya ; jika kita ada niat salah maka lakukanlah taubat, ibadah tidak bagus kita taubat, hidup tidak lurus banyak dosa taubat, apapun yang kita lakukan hendaklah melakukan taubat walaupun itu taubat sambel (taubat kecil)!

Sesungguhnya semakin banyak air mata penyesalan, semakin banyak kita menghibah ampunan maka Allah melihat karena Allah Maha Melihat.

Selayaknyalah kita beristighfar setiap hari, agar kaca dalam hati kita selalu bersih. karena jika hati kita bersih maka isnyaallah akan nampak jalan kita, jalan rejeki kita, jalan ilmu kita, jalan pertemanan kita, serta jalan yang lainnya akan nampak sekali.

Dan tiada satupun yang menghalangi pertolongan Allah SWT, kecuali syari’atnya yakni lumuran dosa kita, maka bertaubat terus menerus, akan membuka pintu kecukupan lahir dan batin kita dari Allah SWT.

 

 

Oleh : Ustad Abdullah Gymnastiar (ustad Aa Gym)
Editor : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.