Hikmah Berqurban
Hikmah Berqurban

9 Hikmah Berqurban ala Ustad Arifin Ilham

MutiaraPublic.com – Saudara/i ku Ummat Muslim yang Berbahagia, Sekarang ini kita akan memasuki bulan Dzulhijjah atau Balan Haji. Salah satu dari sekian banyak amalan-amalan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW di dalam bulan Dzulhijjan atau bulan kedua belas kalender Hijriyah ini adalah “berqurban”.

Bagi saudara/i MutiaraPublic Yang di rahmati Allah Khususnya bagi kaum Muslimin yang hendak berqurban, taujih ini akan sangat bermanfaat. Dan bagi yang masih belum mendapatkan rezeki, tetaplah saudara/i-ku membaca nasihat ini dengan tujuan agar jiwa dan raga tersebut semakin bersemangat lagi untuk menumpulkan uang atau dana agar tahun depan bisa ikut berqurban.

Memasuki bulan Dzulhijjah atau bulan Haji, dimana pada bulan haji ini terdapat amalan sunnah yang memiliki banyak hikmah atau keutamaan besar. Hal ini pula pernah disampaikan oleh salah satu ustad ternama dan terkenal di indonesia, yakni ustad Arifin Ilham. Tulisan dalam akun Facebook milik Ustad Arifin Ilham ini membagikan 9 poin atau 9 hikmah berqurban, Sebagai Berikut:

  1. Hikmah Berkurban adalah Bukti jelas bersyukur atau sebagai Syukur kita kepada Allah SWT atas segala rizkinya yang telah diberikan kepada Kita. “Supaya mereka menyebut nama Allah atas apa yang Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak.” (QS. Al Hajj: 34).

  2. Hikmah Berkurban adalah Bukti Cinta Kita Kehadirat Allah SWT, sebagaimana Firman Allah SWT. “Kalian tidak akan meraih kebaikan sempurna kecuali infakkan apa yg paling kalian cintai…” (QS Al Baqoroh 93).

  3. Hikmah Berkurban adalah Kebenarannya Sebagai Hamba yang Bertaqwa, “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-sekali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yg dapat mencapainya” (Al – Hajj: 37).

  4. Hikmah Berkurban adalah Mencontohi Baginda Rasulullah SAW, maka barang siapa diantara kita yang berqurban, kita tersebut berhak memperoleh syafaat dari baginda Rasulullah, “Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali Imron 31).

  5. Hikmah Berkurban adalah merupakan Wewenang Kita dalam Beribadah kepada Allah, “Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!” (HR Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni dan Al-Baihaqi).

  6. Hikmah Berkurban adalah untuk menggapai ampunan dosa-dosa kita, “Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan… (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).

  7. Hikmah Berkurban untuk menggapai Ganjaran/ Pahala yang sangat besar, “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

  8. Hewan qurban yang kita qurbankan tersebut kelak akan bersaksi, sebagaimana Hadits Rasulullah SAW, “Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dg nya”. (HR At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).

  9. Maka Telah Kami beri Dia kabar bahagia/ gembira dengan seorang putra yang sangat sabar (yakni Ismail). Maka tatkala putra tersebut sampai (aqil baligh) berupaya bersama-sama Ibrahim, Ibrahim pun berkata: “Hai anakku (Ismail) Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” ia (Ismail) menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yg diperintahkan kepadamu, insha Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Subhanallah Walhamdulillah Wala.. Ilahaillallah.. Allahu Akbar…,  Allahumma ya Rabb.. terimalah qurban kami, dengan perantara ridho-Mu Ya Rabb, maka jadikalah kami golongan hamba hamba-hambaMu yang Engkau bahagiakan dengan penuh kemuliaan taqwa… Aaamiiiiin !

 

 

 

Sumber : Ustad Arifin Ilham | Hikmah Qurban
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.