Mengkaji Tiga Jenis Naf-su Dalam Diri Kita
Mengkaji Tiga Jenis Naf-su Dalam Diri Kita (KH. Muhammad Arifin Ilham)

Mengkaji Tiga Jenis Naf-su Dalam Diri Kita

MutiaraPublic.com – Seperti yang dilansir dari akun facebook KH. Muhammad Arifin Ilham. Beliau menyebut dan mengajak kita agar mengenali jenis naf-su dalam diri kita, agar lebih mengkaji “naf-su” yang selalu bersemai dalam diri kita. Yakni dengan mengkaji tiga jenis naf-su yang ada dalam diri setiap manusia, berikut ini penjelasannya :

Yang Pertama, Naf-su Ammarah

Naf-su Amarah ini adalah merupakan naf-su yang bersifat hanya puas jikalau sudah melakukan maksiat, sangat tidak senang/ tidak suka ibadah, membenci nasihat-nasihat tentang kebaikan serta ketaatan kepada Allah SWT. Seperti misal ; ketagihan memakan makanan haram, senang/ gemar ber-zina, hobi mabuk, sangat benci pada ulama, sangat pemarah sekali, hasil uang dari korupsi, dan lain sebagainya.

{” Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), sebab sesung­guhnya naf-su tersebut selalu menyuruh kepada (perilaku) kejahatan, kecuali naf-su yang diberi rahmat oleh Tuhanku (Allah SWT). Sesungguhnya Tuhanku (Allah SWT) Maha Pengampunan lagi Maha Penyayang “} (QS. Yusuf ; 53)

Yang Kedua, Naf-su Lawwamah

Naf-su Lawwamah adalah naf-su standar ganda, yang berasal dari kata “laima” biasanya orang yang memiliki naf-su ini sering mencela dirinya sendiri setelah ia melakukan (berbuat) suatu yang berbaur kemaksiatan dan kemudian ia sungguh sangat menyesal, akan tetapi tidak lama kemudian dirinya ketagihan lagi (melakukan maksiat lagi). Seperti misal, sholatnya memang rajin namun ia masih suka ber-zina, hal ini tentu saja yang salah itu bukan sholatnya, tapi pelakunya/ dirinya sendiri yang masih belum paham tentang makna, tujuan, dan hikmah dari sholat itu sendiri. Jika saja sholatnya itu benar-benar dihayati, maka buahnya akan jauh dari perbuatan maksiat.

{” Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) zinaa dan (perbuatan) mungkar “} (QS. Al-Ankabut ; 45)

Yang Ketiga, Naf-su Muthmainnah

Naf-su Muthmainnah ini adalah merupakan hamba Allah SWT yang sholeh “almuqorrobin” ia senangnya hanya ibadah kepada Allah SWT, semangatnya untuk beramal sangat tinggi, sangat dermawan, hatinya pun lebut, rendah hati, cinta ulama, sangat suka sekali duduk di masjid, sangat suka majelis ilmu, istiqomah, sangat takut bermaksiat kepada Allah SWT, malah ia merasa terheran-heran ketika melihat orang yang berani berbuat maksiat.

Sungguh dirinya sangat Sedih jikalau terlambat shalat malam (telat bangun), muhasabah diri yakni sama sekali ia tidak suka/ tertarik dalam melihat aib orang lain, tidak soka menggosipi orang lain, dan saat sholat air matanya menetes dari saking khusuknya, dan senang membaca Al-Qur’an, dan selalu berzikir kepada Allah SWT.

{” Allahumma ya Allah yang maha pemurah hati, jauhkanlah kami dari naf-su yang dapat membuat kami bermaksiat kepada-Mu ya Allah… Serta bimbinglah naf-su kami dalam naf-su muthmainnah yakni naf-su yang bisa mendekatkan kepada MU ya allah… Amin ! “}.

 

Saudara/i ku Jangan lupa, sebelum kita rehat marilah kita berwudhu, kita berdoa, dan kita berdzikir kepada Allah SWT sampai kita tertidur dan berazam untuk melakukan shalat malam.

Semoga Allah Merahmati Kita !

 

 

 

Sumber : Facebook KH. Muhammad Arifin Ilham
Oleh : Nur Laely
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.