Mengenali Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar
Mengenali Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Mengenali Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

MutiaraPublic.com – Al-Hamdulillah wa Syukurillah, segala puji bagi Allah SWT., Tuhan bagi semesta alam. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., baik keluarga serta para sahabat-sahabat beliau.

Wahai saudaraku…, Lailatul Qadar ialah merupakan bagian dari rahasia Allah SWT. yang telah dianugerahkan bagi hamba-hambaNya yang shalih. Lailatul Qadar adalah suatu peristiwa penting yang tentunya terjadi di bulan Ramadan. Pada malam Lailatul Qadar ini, malaikat Jibril serta malaikat-malaikat lainnya turun ke muka bumi ini atas izin dari Allah SWT. dengan tujuan untuk mengurus segala urusan di muka bumi ini.

Saudaraku yang beriman, apabila kita beribadah pada waktu malam Lailatul Qadar ini, niscaya ibadah kita akan dinilai setara dengan ibadah selama 1.000 bulan.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

 

Allah SWT. berfirman: {“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah engkau apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”} (QS Al Qadr: 1-5).

Mungkin salah satu pertanyaan yang sering mucul ialah : kapankah Lailatul Qadr itu turun?

Saudaraku…, Pada hakikatnya tidak seorang pun yang mengetahui secara pasti, kapan terjadinya malam Lailatul Qadar ini, dimana suatu malam yang dikisahkan dalam Alquran sebagai “malam yang lebih baik dari 1.000 bulan”. Hadis yang diriwayatkan Abu Dawud ini, menyebutkan bahwasanya Rasulullah SAW. pernah ditanya mengenai malam Lailatul Qadar. kemudian beliau pun menjawab: {“Lailatul Qadar ada pada setiap bulan Ramadan.”} (HR Abu Dawud).

Selanjutnya Rasulullah SAW. memberikan beberapa suatu isyarat mengenai waktu turunnya malam Lailatul Qadar dengan beliau bersabda : {“Carilah Lailatul Qadr itu pada sepuluh hari terakhir Ramadan.”} (Muttafaqun alaihi dari Aisyah radliallahu anha).

Dari Aisyah ra. berkata: {“Bila masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, Rasulullah SAW. mengencangkan kainnya (artinya, menjauhkan diri dari menggauli isterinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”} (HR Bukhari dan Muslim).

Lebih khusus lagi, Rasulullah SAW. pernah bersabda: {“Carilah malam Lailatul Qadar itu pada waktu malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan)”}. (HR Bukhari dari Aisyah radliallahu anha).

Tidak diberitahukannya tanggal yang pasti tentang Lailatul Qadr sesungguhnya memiliki beberapa hikmah tersendiri, antara lain untuk memotivasi umat agar terus istiqomah dalam beribadah, mencari rahmat dan ridha Allah, kapan saja dan di mana saja, tanpa harus terpaku pada satu hari saja. Bisa dibayangkan, andaikata Lailatul Qadr tersebut diberitahukan tanggal turunnya secara pasti, maka dimungkinkan orang hanya akan memaksimalkan ibadah pada tanggal yang dimaksud, sementara, pada tanggal-tanggal selainnya tidak memaksimalkan ibadah.

Lalu kemudian, apakah kedatangan malam Lailatul Qadar dapat ditengarai oleh kita?

Dalam kitab Mu’jam At Thabari Al Kabir menyebutkan, bahwa Rasulullah SAW. pernah bersabda : {“Pada saat Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”}

Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri dalam Ithaf al-Kiram (Ta’liq atas Bulughul Maram) hal 197, juga berkata, : {“Pendapat yang paling kuat dalilnya adalah ia (lailatul qadar) berada pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir. Ia bisa berpindah-pindah, terkadang berada pada malam ke 21, terkadang berada pada malam ke 23, terkadang berada pada malam ke 25, terkadang berada pada malam ke 27, serta terkadang berada pada malam ke 29. Adapun penetapan terhadap beberapa malam secara pasti, sebagaimana telah terdapat dalam sebuah hadits ini (hadits Mu’awiyah bin Abi Sufyan), ia (lailatul qadar) berada di malam ke 27, dan sebagaimana dalam beberapa hadits lain, ia juga berada di malam ke 21 serta 23, maka itu pada tahun tertentu, tidak pada setiap tahun. Namun menurut perkiraan orang yang meyakininya hal itu berlaku selamanya, maka itu pendapat/ opini mereka, sesuai dengan perkiraan mereka. serta terjadi perbedaan pendapat yang banyak dalam perihal penetapannya.”}

Tanda-tanda Lailatul Qadar juga disebutkan oleh Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah bahwa Lailatul Qadar memiliki beberapa tanda-tanda yang mengiringinya dan tanda-tanda yang datang kemudian.

Berikut Tanda-tanda yang megiringi Lailatul Qadar:
  • Kuatnya cahaya dan sinar pada malam itu, tanda ini ketika hadir tidak dirasakan kecuali oleh orang yang berada di daratan dan jauh dari cahaya.
  • Thama’ninah (tenang), maksudnya ketenangan hati dan lapangnya dada seorang mukmin. Dia mendapatkan ketenanangan dan ketentraman serta lega dada pada malam itu lebih banyak dari yang didapatkannya pada malam-malam selainnya.
  • Angin bertiup tenang, maksudnya tidak bertiup kencang dan gemuruh, bahkan udara pada malam itu terasa sejuk.
  • Terkadang manusia bisa bermimpi melihat Allah pada malam itu sebagaimana yang dialami sebagian sahabat radliyallah ‘anhum.
  • Orang yang shalat mendapatkan kenikmatan yang lebih dalam shalatnya dibandingkan malam-malam selainnya.

Wallahu a’lam bi shawab….!

 

 

Disusun : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah.


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Al-Hamdulillah wa Syukurillah, segala puji bagi Allah SWT., Tuhan bagi semesta alam. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., baik keluarga serta para sahabat-sahabat beliau. Wahai saudaraku…, Lailatul Qadar ialah merupakan bagian dari rahasia Allah SWT. yang telah dianugerahkan bagi hamba-hambaNya yang shalih. Lailatul Qadar adalah suatu peristiwa …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.