Macam-macam Shalawat dan Khasiatnya
Macam-macam Shalawat dan Khasiatnya

Macam-macam Shalawat dan Khasiatnya !

MutiaraPublic.com – Macam-macam Shalawat dan Khasiatnya, Saudara/i MutiaraPublic Yang Dicintai Allah S.W.T., Shalawat adalah merupakan salah satu wujud Cinta kita kepada Makhluk yang paling Allah Cintai di Muka Bumi ini, yakni Baginda Rasulullah S.A.W..

Shalawat yang kita panjatkan, ucapkan, atau lantunkan akan sampai kepada Baginda Rasulullah S.A.W.. Sungguh betapa Baginda Rasulullah S.A.W. sangat mencintai kita sebagai umatnya. Dari saking Cintanya baginda Rasulullah Muhammad S.A.W. kepada kita sebagai Ummatnya, pada masa-masa Sakaratul Maut atau masa-masa akhir hayat, yang dipikirkan dan diucapkan beliau itu bukanlah keluarganya, bukan Keturunannya, dan Bukan Pula sahabat-sahabatnya, namun yang dipikirkan dan diucapkan beliau menjelang sakaratul maut adalah Ummatnya, Ummatnya, Ummatnya… Subhanallahu Allahu AKbar !

Saudara/i MutiaraPublic Yang Dicintai Allah S.W.T.. Baginda Rasulullah S.A.W. saja hingga akhir hayat rela menyebut ummatnya, Lantas pantaskah kita sebagai Ummat kesayangannya enggan bersholawat kepada Beliau ??, Bahkan dengan Lantangnya mereka menyebut anti shalawat…??? Naudzubillah tsumma Na’udzubillah !

Rasulullah S.A.W. bersabda dalam sebuah riwayat Hadits Shahih, sebagai berikut :

“(Mereka) Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat (kelak) adalah (Mereka) orang yang paling banyak bershalawat kepadaku” (HR. Tirmidzi)

Maka dari itu wahai saudara/iku, sudah selayaknya dan sepantasnyalah kita juga mencintai beliau, dengan salah satu cara sederhana dan simple dan memiliki Fadhilah besar adalah dengan melalui Sholawat kepada Beliau, Baginda Muhammad S.A.W..

Mengapa Harus Dengan Sholawat ??

Allah S.W.T. berfirman ;

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu atas Nabi dan ucapkanlah salam penghmmatan kepadanya” (Al-Ahzab: 56)

Saudara/i MutiaraPublic Yang Dicintai Allah S.W.T.. Jika Allah S.W.T. dengan ke-Mahamuliaan-Nya, ke-Maha-agung-an-Nya, dan juga para malaikat Allah S.W.T. baik yang ada di muka bumi maupun di langit semuanya bershalawat untuk makhluk ciptaanNya yang paling mulia, Baginda Rasulullah S.A.W., sebagaimana bentuk penghormatan terhadap kedudukan dan posisi beliau, sebagaimana bentuk pengagungan terhadap martabat beliau, dan sebagai wujud pemuliaan terhadap keutamaan beliau, serta sebagai isyarat yang merujuk pada kedekatan beliau dengan Allah S.W.T..

Maka dari itu sudah selayaknya dan sepantasnyalah bagi kita sebagai hamba yang selalu bergelimang dosa untuk terus selalu memperbanyak shalawat terhadap Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W. bin Abdillah. Dalam upaya selalu menjalankan perintah Allah S.W.T. serta memenuhi sebagian hak Kenabian dan Kerasulan makhluk yang paling dimuliakan Allah S.W.T. tersebut.

Tujuan Bershalawat

Tujuan kita membaca Shalawat tersebut adalah tiada lain sebagai Ikraman, ta’dhiman wa Mahabbah kepada Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W.. Di dalam mengamalkan atau membaca Shalawat ini sangatlah penting untuk memperhatikan perihal adab–adab dalam BerSholawat, Sebagaimana Berikut ini;

  • Niat secara ikhlas untuk beribadah kepada Allah S.W.T. tanpa pamrih.
  • Sebagai Wujud Ta’dhim dan mahabbah kita kepada baginda Muhammad S.A.W.
  • Hatinya HUDHLUR kepada Allah S.W.T. da hatinya ISTIHDLOR (yakni merasa berada di hadapan Rasulullah S.A.W.)
  • TAWADDU’ ( merendahkan diri, jangan sok suci ), merasa bahwa diri ini sangat butuh akan pertolongan dari Allah S.W.T., dan diri ini butuh sekali Syafa‘at dari baginda Rasul Muhammad S.A.W..

Berikut ini adalah Macam-macam Shalawat dan Khasiatnya yang patut kita ketahui sebagai salah satu amalan, agar kita selalu dekat dengan Rasulullah S.A.W., dan selalu dalam Ridho Allah S.W.T., sebagai berikut ;

1. Shalawat Fatih (Al-Fatih)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil Adzim…

Artinya;

“Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar – benar kekuasaannya yang Maha Agung”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Fatih tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhilah Shalawat Fatih ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Sholawat Fatih ini Kita bisa bertemu dengan baginda Rasulullah SAW di dalam mimpi, Dan di akhirat Kelak kita bisa berkumpul dengan Rasulullah SAW.
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Sholawat Fatih ini akan mampu menghilangkan segala Resah-Gelisah, mampu menghilangkan kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit Selama Di Dunia (Allah akan selalu memberikan petunjuk).
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Sholawat Fatih ini akan terhindar dari mara bahaya (baik kecil maupun besar) dan terhindar dari bala’. Bahkan sebagaimana yang disebutkan dalam nadhom al-Yaqutah al-Faridah, Seandainya seseorang melakukan dosa sebanyak 400 tahun, Dengan Ijin Allah, maka dosa itu akan diampuni oleh Allah dengan sebab membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) sebanyak 100 kali pada malam jumat.

NB:. Sholawat Fatih ini memiliki banyak bentuk redaksi yang lebih mahal dari mutiara berharga. Apabila diantar kita menginginkan keutamaan yang lebih, maka kami rekomendasikan untuk mendapat izin dari sayidi syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijaniy sekalipun melalui perantara (Muqoddam Thariqah At-tijani), agar kita lebih mengenal lebih dalam lagi perihal keutamaan shalawat Fatih.

 

2. Shalawat Quthbul Aqthab

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ

Allahmma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin fil awwaliin washalli ‘alaa sayyidina Muhammadin fil aakhiriinaa washalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin finnabiyyin washalli ‘alaa sayyidina Muhammadin fil mursaliin, washalli ‘alaa sayyidina Muhammadin fil malail a’laa ilaa yaumiddiin.

Artinya;

“Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat”.

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Quthbul Aqthab tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Quthbul Aqthab ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Quthbul Aqthab ini kelak di akhirat kita akan dikumpukan bersama baginda Rasulullah S.A.W.. Dan akan Allah jadikan kita termasuk golongan hamba yang tertolong Dunia dan Akhirat.
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Quthbul Aqthab dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti misal penyakit panas, perut, pusing, Batuk.
  • Bahkan, Dengan Ijin Allah melalui Shalawat Quthbul Aqthab ini akan mampu menyembuhkan penyakit Gila. dan penyakit lainnya.

 

3. Shalawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَ سَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَ تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَ تُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَ تُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَ حُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَ عَلىٰ آلِهِ وِ صَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli ‘sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaamman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil qurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunalu bihir roghooibu wa husnul khowaatimu wa yustasqol ghomamu biwajhihil kariem wa ‘ala aalihi wa shohbihi fie kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’lumin laka

Artinya;

“Ya Allah berilah sholawat dengan sholawat yang sempurna dan berilah salam dengan salam yang sempurna atas penghulu kami Muhammad yang dengannya terlepas segala ikatan, lenyap segala kesedihan, terpenuhi segala kebutuhan, tercapai segala kesenangan, semua diakhiri dengan kebaikan, hujan diturunkan, berkat dirinya yang pemurah, juga atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas sebanyak hitungan segala yang ada dalam pengetahuanMU”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Nariyah tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Nariyah ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Nariyah tersebut, Allah akan memberikan kemudahan rizki serta derajatnya akan diangkat di sisi masyarakat.
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Nariyah tersebut, Allah akan menjauhkannya dari berbagai macam bahaya yang besar.
  • Dan barang siapa yang mengamalkan (membaca) shalawat nariyah ini bila mampu sebanyak 4444 kali (atau seikhlas pengamal), Insha Allah segala hajat/ impian besar kita akan tercapai dengan cepat (diijabah oleh Allah S.W.T.)

 

4. Shalawat Thobibiyah (Shalawat Thobibi Qolbi)

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ، سَيِّدِيْ وَحَبِيْبِيْ، وَطَبِيْبِ قَـلْبِيْ وَجَسَدِيْ وَرُوْحِيْ، سَيِّدِيْ رَسُوْلِ اللهِ، مُحَمَّدِ اِبْنِ عَبْدِ اللهِ، الصَّادِقِ الْآمِيْنَ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ

Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa, sayyidii wa habiibii, wa thobiibi qolbii wa jasadii wa ruuhii, sayyidii rasuulillaah, Muhammad ibni ‘Abdillaah, as-Shoodiqil aamiin, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin..

Artinya;

“Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada Junjunganku, Kekasihku, Pengobat hati, jiwa dan ragaku, yaitu Junjunganku Sang Utusan Allah, Muhammad bin ‘Abdillah, seorang yang benar dan jujur, juga kepada keluarga dan para sahabatnya”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Thobibiyah tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Thobibiyah ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Apabila Mengamalkan Shalawat Thobibiyah ini akan mampu menguatkan Ruh dan Jiwa Kita.
  • Dengan Ijin Allah, Apabila Mengamalkan Shalawat Thobibiyah ini akan mampu membersihkan Penyakit dalam Diri Kita baik penyakit Dhohir maupun penyakit Bathin.
  • Dengan Ijin Allah, Apabila Mengamalkan Shalawat Thobibiyah ini sebagai pengobat Lupa (mudah mengingat semula perkara-perkara yang lupa).

 

5. Shalawat Haibah (Shalawat Haibah Fii Quluubil Kaafirin)

ﺍﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺗُﻠْﻘِﻲ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟﺮُّﻋْﺐَ ﻭﺍﻟْﻬَﻴْﺐَ ﻓِﻲْ ﻗُﻠُﻮْﺏِ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِﻳْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻲْﻥَ ﻭَﺍﻟﻈَﺎﻟِﻤِﻴْﻦَ ﻭﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻘِﻲْﻥَ ﻭَﺍﻟْﻤُﻔْﺴِﺪِﻱْﻥَ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪٖ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪٖ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ

Allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammad sholaatan tulqii bihar ru’ba wal-haiba fii quluubil kaafirin wal-musyrikiin wazh-zholimiin wal-munaafiqiin wal-mufsidiin wa alaa aalihi wa shohbihi wa salim.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas junjungan Nabi Muhammad S.A.W, dengan shalawat yang dapat mengejutkan dan menakutkan di hati orang-orang kafir, orang-orang musyrik, orang-orang dhalim, orang-orang munafik, dan orang-orang yang berbuat kerusakan, dan juga (shalawat dan salam )kepada para keluarga dan para sahabat beliau”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Haibah tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Haibah ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Apabila Mengamalkan Shalawat Haibah kita akan selalu dilindungi dan diselamatkan oleh Allah dari mara bahaya dan bala’.
  • Dengan Ijin Allah, Apabila Mengamalkan Shalawat Haibah ini mampu menggetarkan hati musuh (orang kafir, musyrik, dzholim, orang yang berbuat kerusakan) sehingga dia menjadi welas asih. Shalawat Haibah ini juga sebagai penangkal santet, penangkal sihir, tenun, dan penangkal guna-guna, dll.
  • Insha Allah,  Dengan Ridho Allah S.W.T. Shalawat Haibah ini juga untuk kewibaan.

 

6. Shalawat Thibbil Qulub (Syifa)

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihi wasallim.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Thibbil Qulub (Syifa) tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Thibbil Qulub (Syifa) ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Thibil Qulub ini mampu menyembuhkan penyakit hati yang sempit, Mampu menyembuhkan pikiran yang kacau balau dan pikiran bingung tidak karuan, serta membuat hati menjadi tentram.
  • Dengan Ijin Allah, Shalawat Thibil Qulub Sebagai Obat Segala Macam Penyakit Lahir (Seperti misal; penyakit jantung, kanker, paru-paru, liver, tumor, kusta, lambung, ginjal, dan penyakit lainnya).
  • Dengan Ijin Allah, Shalawat Thibil Qulub Sebagai Obat Segala Macam Penyakit bathin (Riya’, takabur, Dengki, Dendam, Sombong, Ujub, dan penyakit batin lainya)

 

7. Shalawat Munjiyat 

اللَهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحمَدٍ صَلاَةٌ تُنْجيْنَا بِهَا مِنَ جَـمِيـْعِ الأهَوْاَلِ وَالأَفَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بها جَـمِيـْعِ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيّئاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا أَعْلَي الدَرَجَاتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِفِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammad shalatan tunjina bihaa min jami’il ahwali wal afat wataqdilana bihaa jami’il hajat watutohhiruna bihaa min jami’is syayyiat watarfa’una bihaa a’lad darojat watuballi ghuna bihaa aqshol ghoyat min jami’il khoiroti fil hayati waba’dal mamat, Innaka ‘Ala Kulli Sayi-‘in Qodir.

Artinya :

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang mendebarkan dan dari semua cobaan yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan kepada kita hajat, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat kita kepada setinggi-tinggi derajat.Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kita kepada sesempurna-sempurnanya semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha  Kuasa atas segala sesuatu.”

Adapun Fadhilah atau Khasiat Shalawat Munjiyat tersebut sangatlah banyak, namun Secara garis besar Fadhila Shalawat Munjiyat ini adalah Sebagai Berikut :

  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Munjiyat ini mampu menghilangkan kesusahan, mempermudah semua pekerjaan serta segala urusan, membuka dan meluaskan rezeki, menerangkan hati, meninggikan pangkat dan derajat, dan membuka pintu kebaikan.
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Munjiyat ini dapat menolak (Tolak-Balak) atau menghindar bencana, musibah dalam bentuk apa pun itu.
  • Dengan Ijin Allah, Dengan Mengamalkan Shalawat Munjiyat ini dapat menunaikan hajat kita, baik hajat dunia maupun hajat akherat, dan sholawat ini juga mampu mendekatkan jodoh kita. insyaallah…!

 

 

 

 

Oleh : Zainul Hakim & Ning Silviana Sholeha
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.