Ketika Shalat, Syahkah Membaca Alqur’an dengan Huruf Latin ?

MutiaraPublic.com – Wahai saudaraku, belajar merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang Islam. Kita tentunya patut bersyukur kepada Allah SWT. karena masih diberi kemauan, kemampuan dan juga kesempatan untuk belajar, apalagi belajar membaca Alqur’an.

Belajar Alquran terkait dengan suatu ibadah shalat. Serta bacaan dalam shalat haruslah berisi ayat-ayat Alqur’an dan tentunya beberapa bacaan doa dalam shalat harus disesuaikan dengan cara baca yang benar dalam aturan membaca Alquran seperti halnya memperjelas tasydid/ syiddah dalam bacaan tasyahhud akhir.

Alqur’an yang ditulis dengan bahasa arab dan tidak ada translaterasi yang tepat dalam bahasa lain! karena dalam pemindahan tulisan dari bahasa Arab ke bahasa lain, tentunya dapat menghilangkan kekhasan Alquran dan dapat berpengaruh pada cara baca dan arti yang dikandung dalam tiap kata pada Alqur’an. hal tersebut juga akan memungkinkan perubahan makna yang berakibat fatal.

Ulama mengharamkan membaca Alquran dengan tulisan latin (ketika shalat) karena dapat merubah cara baca dan arti dari Alqur’an. Imam Qulyubi memperbolehkan menulis Alqur’an dengan bahasa selain bahasa Arab tapi melarang untuk membacanya (ketika shalat).

Penjelasan tentang hal itu disebutkan dalam kitab Hasyiyah Al-Jamal ala Syarhil Minhaj juz I hal 76 sebagai berikut: “Imam Qulyubi berpendapat boleh menulis Alquran dengan selain bahasa Arab namun tidak boleh membacanya, dan Alquran yang ditulis dengan selain bahasa Arab tersebut dihukumi seperti mushaf (Alqur’an dalam bahasa Arab) dalam hal membawanya dan menyentuhnya.”

Namun demikian, kita diharuskan terus belajar hingga bisa membaca Alquran dengan tulisan Arab lengkap dengan tajwidnya. !

 

Wallahua’lam..

 

 

 

Redaktur : Zainul Hakim


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.