Jawaban Ali, Perihal 10 Keistimewaan Ilmu Dibandingkan Harta
Jawaban Ali, Perihal 10 Keistimewaan Ilmu Dibandingkan Harta

Jawaban Ali, Perihal 10 Keistimewaan Ilmu Dibandingkan Harta

MutiaraPublic.com – Orang-orang khawarij pernah menguji kecerdasan Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah, dengan mengajukan 10 orang (berdiskusi) untuk bertanya 1 pertanyaan yang harus dijawab oleh Ali bin Abi Thalib RA. dengan jawaban (10 jawaban) yang berbeda – beda. Pertanyaan mereka adalah ; {” Wahai Ali bin Abi Thalib, istimewa manakah antara Ilmu dan Harta ? “}.

Berikut adalah jawaban Ali bin Abi Thalib yang dijuluki oleh Rasulullah SAW. sebagai “Gerbang Ilmu” itu ;

1. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu merupakan warisan para nabi, sedangkan harta itu merupakan warisan dari Qarun, Fir’aun dan Haman.

2. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu selalu menjagamu, sedangkan engkau harus menjaga harta milikmu. (ilmu selalu menjaga bagi yang punya ilmu, sedangkan harta akan dijaga bagi orang yang punya harta).

3. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena orang berilmu banyak kawan, sedangkan orang yang kaya banyak musuh (banyak mempunyai lawan).

4. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu bilamana diberikan (diajarkan) akan semakin bertambah, sedangkan harta bila diberikan akan semakin berkurang.

5. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena orang berilmu dipanggil dengan sebutan mulia (alim, ulama, dll), sedangkan orang berharta sering dipanggil bakhil, kikir, serta lainnya.

6. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu tidak perlu dijaga (dari kejahatan), sedangkan harta perlu dijaga (dari kejahatan).

7. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena orang berilmu dihari akhir (kiamat) akan diberi syafa’at (oleh Allah SWT.) sedangkan orang berharta dihari kiamat akan dihisab (diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT.).

8. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena jika ilmu dibiarkan saja, maka tidak akan pernah rusak, sedangkan harta dibiarkan pasti akan berkurang (bahkan bisa habis karena untuk makan).

9. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu itu tidak perlu/ tidak memerlukan tempat, sementara harta itu memerlukan tempat.

10. Ilmu itu lebih istimewa dari pada harta, karena ilmu akan memberikan penerangan di hati (menyinari hati hingga menjadi terang dan tentram), sedangkan harta akan dapat mengeraskan hati (seperti dapat menimbulkan sifat takabur, kufur nikmat, dan pamer).

 

 

Dari : Darul Hikmah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Orang-orang khawarij pernah menguji kecerdasan Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah, dengan mengajukan 10 orang (berdiskusi) untuk bertanya 1 pertanyaan yang harus dijawab oleh Ali bin Abi Thalib RA. dengan jawaban (10 jawaban) yang berbeda – beda. Pertanyaan mereka adalah ; {” Wahai Ali bin Abi Thalib, istimewa manakah antara Ilmu dan Harta …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.