Inilah Orang Yang Paling Bangkrut Pada Hari Kiamat
Inilah Orang Yang Paling Bangkrut Pada Hari Kiamat (ilustrasi)

Inilah Orang Yang Paling Bangkrut Pada Hari Kiamat

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Pernahkah terlintas dalam benak kita perihal amalan-amalan yang telah kita kerjakan di dunia, apakah akan diterima oleh Allah, karena banyak sebab-sebab yang dapat menghapus pahal kebaikan kita, bahkan pahala-pahala atas kebaikan-kebaikan kita bisa jatuh ditangan orang lain, seperti yang telah diterangkan dalam hadits sebagai berikut :

Tahukah engkau siapa orang yang bangkrut itu ? Para sahabat pun menjawab ; {” Allah SWT dan rasulNya yang lebih mengetahui “} Kemudian Baginda Nabi Muhammad Saw berkata ; {” Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku ialah (orang) yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan puasa, sholat serta zakat. Namun dia pernah mencaci-maki orangtersebut serta dia menuduh orang tersebut berbuat zina (dusta). Dia pernah memakan harta orang tersebut, lalu dia menanti orang itu untuk menuntut dan mengambil pahalanya (sebagai tebusan) dan orang itu mengambil pula pahalanya. Apabila pahala- pahalanya tersebut habis sebelum selesai tuntutan dan ganti tebusan atas dosa-dosanya maka dosa orang-orang yang menuntut itu diletakkan di atas bahunya lalu dia dihempaskan ke api neraka “} (HR. Muslim).

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT, dalam hadits diatas tersebut Rasulullah SAW memberitahukan perihal orang yang paling bangkrut ketika orang itu datang pada hari kiamat dengan membawa amalan-amalannya baik itu amalan seperti ; puasa, shalat, zakat, namun itu semua sia-sia belaka, karena pahala-pahala kebaikan itu telah hilang disebabkan ia pernah mencaci maki yang membuat orang sakit hati atas caciannya dan ia pun pernah menuduh orang lain berbuat zina, pernah memakan harta orang lain, maka orang-orang seperti itu pahala-pahalanya niscaya akan habis sebelum tuntutan itu selesai digantikan tebusan atas dosa-dosanya, dan yang lebih mengerikan lagi adalah akibat perbuatannya tersebut maka dosa orang- orang yang menuntut itu diletakkan di atas bahunya lalu dia dihempaskan ke api neraka. Naudzubillah !

Maka berhati-hatilah dengan perkara-perkara tersebut, jagalah perkataan kita dari caci maki terhadap orang lain, jangan pernah menuduh orang lain melakukan dosa seperti berzina, dan jangan sampai kita merampas hak orang lain dengan cara merampas harta mereka, sungguh hal yang demikian itu sangat buruk dan dapat mengantarkan kita kepada kesia-sian atas amalan-amaan kebaikan yang telah kita kerjakan di dunia.

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.