Fatwa - Membayar Zakat Fitrah Dengan Uang
Fatwa - Membayar Zakat Fitrah Dengan Uang

Fatwa – Membayar Zakat Fitrah Dengan Uang ?

MutiaraPublic.com – Wahai Saudaraku…, Zakat Fitrah merupakan kewajiban yang wajib dibayar bagi seorang Muslim pada waktu bulan Ramadhan. Zakat Fitrah ini dikeluarkan berupa dalam bentuk makanan pokok dengan tujuan untuk disalurkan kepada yang lebih layak dan berhak dengan batas waktu sebelum khatib shalat Idul Fitri naik mimbar. Lantas yang menjadi pertanyaan sesuai judul diatas adalah Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Dengan Uang ?

Saudaraku seiman dan seagama…, Dalam berbagai kumpulan fatwa kontemporer, dikatakan oleh Syekh Yusuf Qaradhawi yang membolehkan Zakat Fitrah tersebut dibayar dengan Uang (tunai) dalam artian sesuai dengan harganya. Syekh Qaradhawi juga menyebut bahwa pendapatnya ini juga dikuatkan oleh Hasan al-Bashri, Abu Hanifah, Sufyan at-Tsauri serta Umar bin Abdul Azis.

Syekh Qaradhawi juga menyebutkan sebuah dalil dari Ibnu Abi Syaibah yang meriwayatkan oleh ‘Aun, dikatakan bahwa :, {” Aku mendengar surat Umar bin Abdul Azis yang dikirimkan kepada wali kota Bashrah yang berbunyi, ‘Dari setiap orang pegawai kantor dapat dipungut setengah dirham dari gajinya (mereka).'”} Al Hasan berkata, {” Tidak mengapa memberikan dirham (uang) untuk zakat fitrah. “}

Syekh Qaradhawi melanjutkan, bahwa Rasulullah SAW. memfardhukan zakat fitrahnya dengan makanan yang banyak terdapat di sekitar kita (lingkungan) serta masanya ketika itu dengan tujuan memudahkan mereka. Pada waktu itu uang perak maupun emas menjadi suatu barang yang sangat berharga sekali sehingga sangat sedikit orang yang memilikinya. Pada waktu itu setiap orang lebih mudah mengeluarkan makanan ketimbang yang lainnya. Maka, tutur ulama Syekh Qaradhawi, setiap orang mengeluarkan (Zakat Fitrah) apa yang mudah baginya.

 

 

Disadur dari : Fatwa – Fatwa Kontemporer
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Wahai Saudaraku…, Zakat Fitrah merupakan kewajiban yang wajib dibayar bagi seorang Muslim pada waktu bulan Ramadhan. Zakat Fitrah ini dikeluarkan berupa dalam bentuk makanan pokok dengan tujuan untuk disalurkan kepada yang lebih layak dan berhak dengan batas waktu sebelum khatib shalat Idul Fitri naik mimbar. Lantas yang menjadi pertanyaan sesuai judul diatas adalah …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.