Membaca Al-Ikhlas 10000 Kali Untuk Orang Sakit
ilustrasi - Fatwa ; Membaca Al-Ikhlas 10000 Kali Untuk Orang Sakit

Fatwa : Membaca Al-Ikhlas 10.000 Kali Untuk Orang Sakit ?

Pertanyaan :

Terdapat Keluarga yang ingin melakukan khataman, dan mereka pun berkumpul kemudian membaca surat Al-Ikhlas seacara pelan-pelan (lambat) supaya bisa membacanya hingga 10.000x bacaan, dengan niatan supaya orang yang sakit tersebut cepat sembuh).

Apakah hal tersebut diperbolehkan dalam ajaran Islam. Atau mereka seharusnya berdoa kepada Allah SWT saja, dengan meminta dan memohon pertolongan dari Allah SWT saja, secara pribadi ?

Jawaban :

Alhamdulillah…
Saudaruku seiman dan seagama, sudah tidak diragukan lagi bahwasanya dalam kitab suci Al-Qur’an itu, terdapat obat bagi manusia. Seperti terdapat pada sebagian ayat-ayat dan surat-surat yang secara khusus di dalamnya terdapat berbagai obat, untuk menjaga manusia, serta untuk menolak berbagai kejelekan dengan izin dari Allah SWT. Seperti : surah Al-Fatihah, Al-Falaq, An-Nass, Ayat Kursi, Al-ikhlas dan lainnya.

Barangsiapa dari kita yang membaca sedikit saja dari ayat-ayat suci Al-Qur’an kemudian diulang-ulang hingga 3-7 kali, atau juga disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan kita (tanpa terikat dengan jumlah/ bilangan tertentu), maka hal demikian itu tidaklah mengapa. Dengan dasar keyakinan, bahwasanya kesembuhan itu hanya ada pada kuasa Allah SWT, dimana Allah SWT telah menjadikan Al-Qur’an sebagai obat bagi seluruh Umat.

Seperti wasiat Baginda Rasulullah SAW, kepada para shahabat mulianya. Ketika mereka mengadu kepada baginda Rasulullah SAW atas penyakit yang dideritanya, Rasulullah SAW lalu bersabda kepada sahabatnya tersebut:

{” ضع يدك على الذي تألم من جسدك وقل باسم الله ثلاثاً وقل سبع مرات أعوذ بالله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر “}

“Letakkan tangan anda di tempat yang sakit di tubuh anda dan bacalah ‘Bismillah’ sebanyak tiga kali. Dan katakan tujuh kali “أعوذ بالله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر ” Saya berlindung dengan (nama) Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang saya dapatkan dan saya berhati-hati (darinya).”

Dari penjelasan sedikit diatas ini, maka dapat disimpulakan. Jikalau terkumpulnya bacaan tersebut antara tawakal kepada Allah SWT yang dibarengi dengan menghadirkan arti/ makna dari ayat suci Al-Qur’an serta doa yang dibacanya tersebut, maka hal itu pun dengan izin Allah SWT akan sangat bermanfaat sekali.

Namun bagi mereka yang berkumpul dengan cara yang disebutkan diatas tersebut, dalam pertanyaan serta bacaan dari surah ‘Qul-huwallahu-Ahad’ dengan menetapkan bilangan tertentu yakni 10.000 kali, hal ini termasuk amalan yang tidak dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW. Oleh karena itu hendaknya kita hanya mencukupkan diri (dalam bacaan tersebut) dengan apa yang sudah ada ketetapan dari “sunnah” baginda Rasulullah tersebut.

Wallahua’lam !

 

 

Oleh : Ustad Jauhari
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

2 comments

  1. Assallamu..Allaikum… sy orangnya paling senang dzikir banyak karna sy ga bisa baca Al Qur’an, semisal Dzikir Basmallah 15000x/mlm,Solawat Nabi 17000x/mlm selama 41 hari manfaatnya Allhamdulillah besar sekali,bagi sy tidak ada bid’ah2 an karna yg menilai buka Manusia tp Allah S.W.T,sy ga peduli,dia itu ustad apa kiyai trs melarang orang Dzikir Banyak nti bid’ah lah apa lah,jangan melihat dari hadist ini dari hadist itu kerjakan aja toh nanti juga ada jawaban dari Allah lwt Hati kt,apa Dzikiran itu boleh di perbnyk atau ga boleh,klu ingin dekat dgn Allah S.W.T,pgn padang Hatinya ya kt harus memperbnyk Dzikirulloh,klu di larang2 terus kapan kt menabung utk bekal di Akheratnya.. Trima kasih……

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas komentar dan shared pengalamannya saudaraku. Semoga saudara Aryanto selalu mendapat lindungan Allah SWT dan dijadikan hamba Yang Taqwa.. Aamiin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.