12 Golongan Orang Yang Didoakan Oleh Para Malaikat
12 Golongan Orang Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

12 Golongan Orang Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا


“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab ; 43)

Insha.. Allah Berikut inilah 12 Golongan Orang Yang Didoakan Oleh Para Malaikat :

Yang Pertama, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang Yang Tidur Dalam Keadaan Suci (Suci Badan Maupun Pakaiannya).

Baginda Rasulullah SAW bersabda ; “Barangsiapa (diantara kalian) yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'”. ( Riwayat Imam Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syeikh Albani)

Yang Kedua, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang Yang Sedang (duduk) Menunggu waktu sholat.

Sebagaimana Baginda Rasulullah SAW bersabda ; “Tidak-lah salah seorang diantara kalian yang lagi duduk menunggu sholat, selama dia berada dalam keadaan suci, Terkecuali para malaikat akan mendoakan dirinya (Ya Allah…, ampunilah dia. Ya Allah… sayangilah dia’” (HR. Imam Muslim dari Abu Hurairah ra., “Shahih Muslim no. 469”)

Yang Ketiga, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang Yang Berada di-Shaf (terutama shaf barisan depan) Di Dalam Shalat Berjamaah.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda ; “Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang – orang) yang berada pada shaf – shaf terdepan” (HR. Imam Abu Dawud, dishahihkan oleh Syeikh Al Albani)

Yang Keempat, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang menyambung shaf ketika sedang sholat berjamaah (Orang yang tidak membiarkan sebuah kekosongan pada shaf sholat).

Sebagaimana Baginda Muhammad SAW bersabda ; “Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikatNya selalu bershalawat kepada orang – orang yang menyambung shaf – shaf (dalam sholat jamaah)” (HR. Imam Ahmad, Ibnu Hibban, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Al Hakim, hadits ini dishahih kan oleh Syeikh Al-Albani)

Yang Kelima, Para malaikat ikut berdoa (mengucapkan ‘Amin’) ketika saat seorang Imam selesai membaca surah Al-Fatihah.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda ; “Apabila seorang Imam membaca ‘ghai-ril magh-dhuubi ‘alaihim waladh-dhoolinn….’, maka ucapkanlah oleh kalian semua ‘Aamiiiin’, karena barangsiapa ucapannya ketika itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosa di masa lalunya” (HR. Imam Bukhari, no. 782)

Yang Keenam, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang duduk di tempat sholatnya seusai ia melakukan sholat.

Baginda Rasulullah SAW bersabda ; “Malaikat-malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia” ( HR. Imam Ahmad, Syeikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)

Yang Ketujuh, Para Malaikat Berdoa Bagi orang yang melaksanakan shalat shubuh dan sholat ‘ashar secara ber-jama’ah.

Baginda Muhammad SAW bersabda ; “Para malaikat berkumpul ketika saat sholat shubuh kemudian para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam-hari hingga waktu shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Selanjutnya mereka (para malaikat) berkumpul lagi pada saat/ waktu shalat ‘ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (sampai shalat ‘ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tersebut tetap tinggal, lalu Allah SWT bertanya kepada mereka (para malaikat), ‘Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’, mereka menjawab, ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat (kelak)” (HR. Imam Ahmad, dishahihkan oleh Syeikh Ahmad Syakir)

Yang Kedelapan, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan.

Rasulullah SAW bersabda ; “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (HR.Imam Muslim, no. 2733)

Yang Kesembilan, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang – orang yang berinfak.

Rasulullah SAW bersabda ; “Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Yang Kesepuluh, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang sedang makan sahur.

Rasulullah SAW bersabda ; “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang – orang yang sedang makan sahur” (HR. Imam Ath Thabrani dan Imam Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syeikh Al-Albani)

Yang Kesebelas, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang sedang menjenguk orang sakit.

Rasulullah SAW bersabda ; “Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh” (HR. Imam Ahmad)

Yang Keduabelas, Para Malaikat Berdoa Bagi Orang yang sedang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

Rasulullah SAW bersabda, “Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain” (HR. Imam Tirmidzi)

 

 

 

Redaktur : Ning Silviana Sholeha

 


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.