Tugas Amil Zakat Adalah Mengedukasi Masyarakat
Tugas Amil Zakat Adalah Mengedukasi Masyarakat

Tugas Amil Zakat Adalah Mengedukasi Masyarakat

MutiaraPublic.com – Wakil Sekretaris BAZNAZ (Badan Amil Zakat Nasional) M Fuad Nasar mengatakan, tanggung jawab serta tugas amil zakat bukan hanya sekedar mengumpulkan zakat dan menyalurkannya kepada penerima yang berhak, Namun juga sekaligus mempunyai suatu tanggung jawab moral dan juga dakwah dalam mendidik masyarakat.

Sangat ironis sekali jika masih terdapat umat Islam yang hanya mengerti perihal zakat fitrah saja pada setiap Idul Fitri. {” …Faktanya, di tengah-tengah banyaknya lembaga pengelola zakat yang tentu masih ada dari kalangan umat Islam yang belum paham perihal zakat mal yang harus/ wajib dikeluarkan dari penghasilan serta hartanya,”} tutur M Fuad Nasar, pada tanggal 22/7/2014.

Dari sudut pandang lainnya, ungkap M Fuad Nasar, kita bersyukur dan bergembira melihat syiar zakat yang hingga saat ini terus berkembang serta terus meningkat di Tanah Air Indonesia. Lembaga pengelola zakat juga terus bertambah dan semakin banyak dengan program-programnya yaitu pendistribusian serta pendayagunaan zakat yang sangat bervariasi.

M Fuad Nasar Menambahkan : {” Perkembangan dan kemajuan tersebut bukan hasil kerja satu atau dua lembaga, melainkan hasil kerja kolektif semua lembaga zakat, Kementerian Agama, dan Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Salah satu elemen penting yang perlu menjadi perhatian seluruh pengelola zakat saat ini ialah menata langkah-langkah untuk mengoptimalkan pengumpulan dan penyaluran dana zakat. Setiap badan dan lembaga yang menyandang status sebagai amil zakat, maka tugas utama yang harus dilaksanakan secara konsisten dan totalitas ialah mengelola dana zakat.

{” Adapun peluang yang terbuka bagi lembaga pengelola zakat dalam mengelola dana nonzakat, contoh seperti kemitraan untuk mengelola dana infak ataupun CSR (corporate social responsibility) perusahaan, tidak boleh mengalahkan tugas utamanya sebagai amil zakat, “} ungkap M Fuad Nasar.

 

 

Disadur dari : Republika Online
Disusun kembali : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Wakil Sekretaris BAZNAZ (Badan Amil Zakat Nasional) M Fuad Nasar mengatakan, tanggung jawab serta tugas amil zakat bukan hanya sekedar mengumpulkan zakat dan menyalurkannya kepada penerima yang berhak, Namun juga sekaligus mempunyai suatu tanggung jawab moral dan juga dakwah dalam mendidik masyarakat. Sangat ironis sekali jika masih terdapat umat Islam yang hanya mengerti …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.