Status Kewarganegaraan WNI Bisa Dicabut Jika Terlibat ISIS
Status Kewarganegaraan WNI Bisa Dicabut Jika Terlibat ISIS

Status Kewarganegaraan WNI Bisa Dicabut Jika Terlibat ISIS

MutiaraPublic.com – Wawan Purwanto (Pengamat Intelijen), menyampaikan, bahwa tiap-tiap Warga Negara Indonesia (WNI) dapat dicabut status kewarganegaraannya bila ia jadi milisi atau mungkin ia terikat dengan jaringan/ menjadi tentara di negara lain.

Pernyataan itu di sampaikan oleh Wawan Purwanto menyikapi perihal beredarnya video yang menunjukkan Warga Negara Indonesia ikut serta/ terlibat Negara Islam Irak dan Suriah atau mungkin dikenal dengan ISIS.

{” Bila dia menjadi milisi di negara lain atau mungkin dia terikat kesepakatan untuk menjadi tentara di satu negara, maka hal ini ia dapat kehilangan kewarganegaraan. Undang-undang kewarganegaraan mempunyai klausul-klausul tentang hal itu, “}. tutur Wawan Purwanto.

Wawan Purwanto menyampaikan, satu diantara cara untuk menghindar Warga Negara Indonesia berhimpun dengan ISIS adalah dengan pendekatan persuasif perihal kewarganegaraan.

Wawan Purwanto melanjutkan {” …Oleh karena itulah, kita mengajak mereka ini supaya memikirkan ulang untuk bergabung dalam barisan seperti itu “}. ucapnya.

Wawan menduga terdapatnya beberapa milisi ISIS yang ditempati Warga Negara Indonesia bukan suatu hal yang berlangsung dengan cara mendadak. Wawan Purwanto, proses sistem terebut sudah berjalan lama.

{” Sebenarnya itu bukan hanya suatu hal baru, lantaran itu telah ada yang mengkoordinasi untuk lakukan itu. Serta mereka ada yang mendanai juga, baik dari dalam maupun dari luar “}. ungkap Pengamat Intelijen itu.

Pada awal mulanya, sekumpulan warga Indonesia nampak ketika sebuah video yang dilaunching oleh ISIS meminta golongan Muslimin di Indonesia untuk berhimpun dengan grup mereka.

Video berdurasi delapan menit yang di posting oleh ISIS dengan judul {” Mari Berhimpun “}. Video tersebut menyerukan keharusan bagi golongan kaum Muslimin supaya berhimpun serta menyatakan supportnya untuk grup/ kelompok itu.

 

 

Disadur dari : nasional.kompas.com
disusun : Sa’Dullah
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Wawan Purwanto (Pengamat Intelijen), menyampaikan, bahwa tiap-tiap Warga Negara Indonesia (WNI) dapat dicabut status kewarganegaraannya bila ia jadi milisi atau mungkin ia terikat dengan jaringan/ menjadi tentara di negara lain. Pernyataan itu di sampaikan oleh Wawan Purwanto menyikapi perihal beredarnya video yang menunjukkan Warga Negara Indonesia ikut serta/ terlibat Negara Islam Irak dan …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.