Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddi, Sidang Isbat
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddi, Sidang Isbat

Pelaksanaan Sidang Isbat Idul Adha 2016

MutiaraPublic.com – Sidang Isbat Idul Adha 2016, kementerian Agama rencananya akan menggelar sidang isbat perihal penetapan Hari Idul Adha 1437H atau awal Zulhijjah 1437H, pada hari kamis, tanggal 1-september-2016. Sidang isbat tersebut akan digelar di kediaman Kantor Kementerian Agama tepatnya di Jalan M.H. Thamrin No. 06, Jakarta, dimulai pada pukul 17.00 WIB.

M. Thambrin selaku Direktur URAIS (Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama), mengungkapkan bahwa sidang isbat Idul Adha 2016 itu rencana akan dihadiri oleh ketua MUI, pimpinan ormas Islam, serta duta-duta besar negara sahabat, dan oleh para tokoh Islam lainnya.

Dilansir dari situs Kemenag.go .id, pada hari Selasa tanggal 30-Agustus-2016, bahwa sidang tersebut diawali dengan sesi pra-sidang yakni berupa pemaparan posisi hilal penetapan awal Zulhijjah 1437H oleh para Anggota Tim (Husab Rukyat Kementerian Agama).

Setelah ba’da Shalat Maghrib, sidang itupun digelar dengan pembukaan sidang isbat oleh Lukman Hakim Saifuddin, selaku Menteri Agama Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan beberapa laporan perihal data hisab serta laporan tentang Pelaksanaan Rukyatul Hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan juga laporan Pembinaan Syariah oleh M. Thambrin. Hasil sidang isbat pun disampaikan secara terbuka (kepada masyarakat), melalui konferensi pers.

Direktur Urais M. Thambrin menerangkan bahwa sidang isbat idul adha 2016 ini dilakukan secara tertutup, layaknya sebagaimana pada waktu sidang penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal kemaren, namun sejumlah media akan diberikan kesempatan dalam melakukan berbagai pengambilan gambar seputar suasana sidang, sebelum dimulainya sidang resmi tersebut.

M. Thambrin menerangkan bahwa; “Sidang Isbat itu dilakukan tertutup, dan setelahnya akan dilakukan konperensi pers hasil sidang Isbat oleh bapak Menteri Agama,” terangnya.

 

 

 

Oleh : Sa’Dullah
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.