Amirsyah Tambunan, MUI Merespon, Aliran Baha'i Sebagai Agama Resmi Di Indonesia
Amirsyah Tambunan, MUI Merespon, Aliran Baha'i Sebagai Agama Resmi Di Indonesia

MUI Merespon, Aliran Baha’i Sebagai Agama Resmi Di Indonesia

MutiaraPublic.com – MUI (Majelis Ulama Indonesia) merespons isu terkini perihal terjadinya Agama Baha’i sebagai salah satu Agama resmi di negara Indonesia ini, Yang hingga pada saat ini tengah dikaji oleh Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin). Sebelumnya, Menteri Agama mengungkapkan bahwa ia tengah mengkaji mengenai Agama Baha’i ini.

Amirsyah Tambunan, yakni Wakil Sekretaris Jenderal MUI (Majelis Ulama Indonesia), berpendapat bahwa tidak mudah/ gampang mengklaim suatu aliran hingga menjadi resmi itu agama. Menurut Amirsyah Tambunan, Klaim adalah mengandung konsekuensi hukum yang tentu berkaitan dengan suatu aspek sosiologis, filosofis, serta konstitusi.

Amirsyah Tambunan menegaskan : {” Baha’i belum masuk kategori agama. Tegas saya katakan. Kita janganlah berandai-andai, karena sudah ada peraturan perundang-undangan, “} ucapnya pada hari Jumat, 25 Juli 2014.

Amirsyah Tambunan, juga mengutarakan kategori agama dapat dipahami berdasarkan berbagai sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya seperti, : agama yang dasarnya bersumber dari wahyu seperti Islam, Nasrani, dan lain-lain. yang tentu jelas telah memiliki kitab suci, nabi dan rasulnya, dan sistem ajarannya.

{” …Sebaliknya, suatu keyakinan tidak dapat dikategorikan sebagai agama, jika tidak memenuhi kriteria yang disebutkan (di atas). Oleh karena itu, dia hanya masuk terhadap kategori aliran, “} ujar Wakil Sekretaris Jenderal MUI itu.

Dia juga mengungkapkan bahwa terdapat berbagai ratusan aliran di negara kita ini (Indonesia). Jika Agama digeneralisir seperti halnya suatu aliran, maka sungguh argumentasi akademiknya amat sangatlah lemah.

{” Kira-kira itulah yang perlu diluruskan, “} tutur Amirsyah Tambunan (Wakil Sekretaris Jenderal MUI).

 

 

Reporter : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – MUI (Majelis Ulama Indonesia) merespons isu terkini perihal terjadinya Agama Baha’i sebagai salah satu Agama resmi di negara Indonesia ini, Yang hingga pada saat ini tengah dikaji oleh Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin). Sebelumnya, Menteri Agama mengungkapkan bahwa ia tengah mengkaji mengenai Agama Baha’i ini. Amirsyah Tambunan, yakni Wakil Sekretaris Jenderal MUI (Majelis …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.