Sholat Tarawih Kilat Super Cepat - Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar.
Sholat Tarawih Kilat Super Cepat - Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar.

Baru : Sholat Tarawih Kilat – Pesantren Mambaul Hikam Blitar

MutiaraPublic.com – Pesantren “Mambaul Hikam” tempatnya di Mantenan, Udanawu, kota Blitar, Subhanallah.. pelaksanaan sholat Tarawih berjamaah ini dikerjakan hanya dalam waktu kurang lebih 7-10 menit saja, yakni sholat tarawih sebanyak 20 rakaat ditambah dengan sholat witir 3 rakaat. Dengan melaksanakan sholat tarawih kilat yang sangat cepat, seperti kilat ini, tentu saja perihal tuma’ninah-nya dipertanyakan ?. Fantastis !

Dikutip dari situs Nahdlatul Ulama’, perihal pelaksanaan shalat Tarawih kilat ini yang secara super kilat tersebut ternyata sudah berlangsung lama yakni secara turun-temurun dimulai dari generasi kegenerasi (dimulai didirikannya pesantren Mambaul Hikam tersebut oleh KH. Abdul Ghofur yakni sekitar kurang lebih 160 tahun lalu).

Salah seorang pengasuh dari pesantren Mambaul Hikam yakni KH Diya’uddin Az-Zamzami, mengatakan kepada NU Online, Bahwa {” Saya ini hanyalah mengikuti apa yang telah dilakukan oleh para sesepuh (pendiri pesantren tersebut). Kami tidak berani mengubahnya “} Tutur KH. Diya’uddin Az-Zamzami.

Menurut Kyai tersebut, sholat tarawih kilat atau secepat itu dapat dilakukan karena sang-imam Sholat Tarawih ini hanya melaksanakan bacaan dan doa-doa yang hanya bersifat wajib-wajib saja. Seperti misal; ketika niat, takbirotul ihram, mereka membaca Al-Fatihah ditambah dengan surat/ ayat-ayat pendek saja di dalam Al-Qur’an sampai salam.

Dan mengenai Doa ruku’, mereka mempersingkatnya hanya cukup dengan membaca ; “Subhanallah”. Serta yang gerakan yang lainnya itu mereka hanya membaca “Allah-Allah” saja. Pada Tahiyat akhir misalnya, mereka juga hanya sampai pada bacaan sholawat kepada nabi Baginda Muhammad SAW, setelah itu langsung salam.

Ketua Komisi Fatwa dari MUI Pusat (Majelis Ulama Indonesia) yakni Prof. Dr. Hasanudin AF, MA menyatakan tanggapannya mengenai sholat tarawih kilat tersebut sebagai berikut :

{” Tuma’ninah itu merupakan rukun dalam sholat, Apabila di dalam sholat tarawih yang dilaksanakan itu tidak terdapat rukun (tuma’ninah, red), berarti (Insyaallah) sholatnya itu tidak sah, “} kata Prof. Dr. Hasanudin AF, MA.

 

Wallahua’lam, Hanya Allah Yang Tahu !

Berikut Di bawah Ini Video Lengkapnya : 

 

Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Sholat Tarawih Kilat ini?

 

 

 

Oleh : Sa’Dullah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.