Akhirnya Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 5 Oktober (foto ; vivaDOTcoDOTid)
Akhirnya Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 5 Oktober (foto ; vivaDOTcoDOTid)

Akhirnya Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 5 Oktober

MutiaraPublic.com – Pemerintah sudah melakukan suatu sidang itsbat demi menetapkan perihal jatuhnya bulan baru yakni 1 Dzulhijah pada tahun 1435 Hijriyah. Pemerintah sendiri secara resmi telah menetapkan 1 Dzulhijah tersebut jatuh pada hari Jum’at tanggal 26 September 2014.

{” (pemerintah) Menetapkan 1 Dzulhijah 1435 Hijriyah jatuh pada hari Ju’mat tanggal 26 September 2014. Jadi dengan demikian maka 10 Dzulhijah itu bertepatan pada hari Ahad, tanggal 5 Oktober 2014 Masehi “} tutur Nasaruddin Umar, Wamenag (Wakil Menteri Agama) di kantor Kemenag, pada hari Rabu (24/9/2014).

Sidang itsbat tersebut digelar dengan cara tertutup seperti halnya sidang itsbat pada penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri sekitar dua bulan yang lalu. Namun seluruh ormas (organisasi masyarakat) Islam juga dilibatkan dalam persidang tersebut hal ini bertujuan untuk mendengarkan berbagai pendapat dari masing-masing mereka (Ormas Islam).

Dalam persidang itu juga menghadirkan para ahli astronomi yang kemudian memaparkan perihal pandangannya didalam aspek keilmuan yang telah ditekuninya. Sehingga, selain pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal dalam penentuan 1 Dzulhijah, pastinya pemerintah juga dapat meninjau dari berbagai aspek keilmuan melalui pihak-pihak terkait tersebut.

Teknis penetapan 1 Dzulhijah pun telah dilakukan oleh Kemenag (Kementrian Agama) melalui kerja sama dengan semua (seluruh) kantor wilayah mengenai pemantauan hilal dengan cara metode rukyat. Rukyat tersebut dilakukan di 70 titik di berbagai penjuru provinsi yang ada di Indonesia.

 

 

 

Reporter : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Pemerintah sudah melakukan suatu sidang itsbat demi menetapkan perihal jatuhnya bulan baru yakni 1 Dzulhijah pada tahun 1435 Hijriyah. Pemerintah sendiri secara resmi telah menetapkan 1 Dzulhijah tersebut jatuh pada hari Jum’at tanggal 26 September 2014. {” (pemerintah) Menetapkan 1 Dzulhijah 1435 Hijriyah jatuh pada hari Ju’mat tanggal 26 September 2014. Jadi dengan …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.