Umat Muslim di Negara Lesotho Kekurangan Masjid
Umat Muslim di Negara Lesotho Kekurangan Masjid

Umat Muslim di Negara Lesotho Kekurangan Masjid

MutiaraPublic.com – Kalau dilihat secara perkembangan penduduk, umat Islam di negara Lesotho (sebuah negara di selatan Afrika) termasuk kaum minoritas, yakni hanya sekitar 10 persen. Wajar saja bila umat Muslim di sana hanya memiliki 7 masjid kecil. masjid kecil itu pun hasil sumbangan dari negara-negara Islam.

Pada bulan Oktober 2009, umat Islam di negara tersebut mendapat hibah dari pemerintah setempat berupa tanah seluas 30.000 meter persegi. Hibah tersebut tentunya akan diperuntukan dalam hal untuk pembangunan masjid. Harapannya, agar umat Muslim di negara tersebut, memiliki masjid besar yang mampu menunjang segala kegiatan/ aktivitas lainnya.

Sebelumnya, Pemerintah negara Libia juga pernah menawarkan bantuan dalam hal pembangunan masjid di Maseru. Akan tetapi karena adanya perbedaan sikap politik di internal Pemerintah Lesotho, rencana itu tak pernah berbuahkan hasil.

Bagaimana dengan karakteristik Muslim di negara Lesotho ?, umumnya mereka berasal dari imigran-imigran negara India serta Pakistan. Mereka bekerja sebagai saudagar/ pedagang. Tak ada satu masjid pun di negara tersebut yang bisa ditemui, di ibukota negara (negara Lesotho) bekas wilayah jajahan negara Inggris yang telah merdeka sejak pada tahun 1966 itu.

Menurut data yang ada di halaman Islamic FInder, bahwa ada beberapa tempat kegiatan komunitas Muslim di negara Lesotho.

seperti contoh :

Di Maseru, ada Moosa Group of Companies serta Maseru Islamic Institute. Di Leribe, pusat kegiatan umat Muslim berada di Lesotho Islamic Center, Madina Masjid serta Maputsoe Anwary Junior School.Di Butha-Buthe ada Lesotho Muslim Congregation. Meski sedikit Muslim Lesotho memiliki organisasi Lesotho Muslim Association.

 

Reporter : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Kalau dilihat secara perkembangan penduduk, umat Islam di negara Lesotho (sebuah negara di selatan Afrika) termasuk kaum minoritas, yakni hanya sekitar 10 persen. Wajar saja bila umat Muslim di sana hanya memiliki 7 masjid kecil. masjid kecil itu pun hasil sumbangan dari negara-negara Islam. Pada bulan Oktober 2009, umat Islam di negara tersebut …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.