Tolak Lepas Hijab Tim Basket Putri Qatar Dinyatakan Kalah (Foto ; newslockerDOTcom)
Tolak Lepas Hijab Tim Basket Putri Qatar Dinyatakan Kalah (Foto ; newslockerDOTcom)

Tolak Lepas Hijab Tim Basket Putri Qatar Dinyatakan Kalah

MutiaraPublic.com – Pemain bola basket putri negara Qatar ini memilih mundur serta dinyatakan kalah ketika mereka menghadapi negara Mongolia dalam sebuah pertandingan fase grup pada bola basket di Asian Games 2014 yang diselenggarakan di Hwaseong Sports Complex, Hari Rabu (24/9/2014). Karena, mereka (Pemain bola basket putri negara Qatar) telah menolak untuk melepaskan jilbab yang dikenakannya seperti yang diperintahkan oleh ofisial pertandingan tersebut.

{” Pemain bola basket putri (Qatar) tersebut telah menolak agar melepaskan hijabnya “} cakap Anna Jihyun You (juru bicara Incheon Asian Games Organizing Committee “IAGOC”) kepada AP.

Ketika menjelang waktu 10 menit berlalu dari jadwal pertandingan tersebut, yang dilaksanakan pada pukul 16:25 waktu setempat, Qatar resmi dinyatakan kalah WO.

Kubu Qatar pun mengaku sangat terkejut dan kaget dengan keputusan tersebut. Khalil al-Jabir (Chef de mission kontingen Qatar), mengucapkan bahwa timnya tersebut tidak akan bermain bola basket pada Asian Games kali ini jika pemainnya tidak boleh mengenakan hijab.

{” Kami sangat mengharapkan bagi para pemain kami untuk tampil dengan hijab. Itulah sebabnya kami berada di sini. Tidak ada seorang pun yang dapat menyatakan bahwa (mengenakan) hijab itu tidak diperbolehkan serta kami masih menanti klarifikasi tersebut “} tutur Khalil al-Jabir (Chef de mission kontingen Qatar).

Mereka (Qatar) tidak terlalu memikirkan perihal apakah mereka itu akan bermain melawan Nepal pada hari Kamis (25/9/2014). Mereka (Qatar) juga dijadwalkan akan bermain melawan negara Kazakhstan pada esok hari Jumat (26/9/2014), serta negara Hong Kong sehari kemudian. Memang tidak banyak waktu untuk kompromi perihal hijab tersebut, kecuali dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) segera/ secepatnya mengintervensi masalah tersebut.

Anna Jihyun You mengucapkan bahwa ofisial pertandingan yang bekerja pada hari Rabu sekarang ini tidak menerima sebuah instruksi apapun dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) mengenai diperbolehkannya penggunaan penutup kepala (Hijab). Tapi yang jelas Ia beralasan bahwa ofisial hanya mematuhi dan mengikuti peraturan oleh FIBA yang melarang pemakaian seperti ; perhiasan, penutup kepala, dan aksesori rambut.

Peraturan ini tentunya dirancang pada dasarnya hanya untuk keamanan pemain. Akan tetapi, belakangan ini banyak ditentang oleh sejumlah pemain dari negara muslim serta pemeluk agama lainnya yang juga mengenakan penutup kepala, sebagai bagian dari ajaran agamanya mereka.

{” Sebenarnya dari Organizing Committee sendiri, sama sekali tidak terlibat dalam berbagai aturan tersebut serta ofisial pertandingan pun tidak ada arahan langsung dari FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) terkait masalah ini “} tegas Anna Jihyun You.

Sebenarnya banyak yang memperbolehkan aturan cabang olahraga dalam mengenakan hijab di Asian Games yang tentunya mengikuti federasi internasional tersebut. Antara lain seperti atlet bulu tangkis, menembak, dan lain-lain.

Ahlam Salem M. Al-Mana (Salah satu ofisial olahraga Qatar), mengatakan bahwa keputusan untuk mundur menjadi pesan bagi FIBA supaya mereka mengikuti federasi olahraga lainnya yang sifatnya tidak kaku. Ahlam Salem M. Al-Mana mengucapkan bahwa FIBA masih belum siap dibandingkan dengan federasi olahraga internasional lainnya yang telah memperbolehkan para atletnya memakai hijab.

{” Kami (Qatar) harus mengambil langkah ini (mundur) “} tutur Ahlam Salem M. Al-Mana,

Ahlam Salem M. Al-Mana juga menambahkan ; {” Kami berada di sini untuk mendesak asosiasi internasional bahwasanya tim kelompok kami Muslim siap bersaing di seluruh kompetisi. Kami pun paham mengenai larangan hijab, Namun kami harus berada di sini “}

 

 

 

Disadur dari : Republika
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Pemain bola basket putri negara Qatar ini memilih mundur serta dinyatakan kalah ketika mereka menghadapi negara Mongolia dalam sebuah pertandingan fase grup pada bola basket di Asian Games 2014 yang diselenggarakan di Hwaseong Sports Complex, Hari Rabu (24/9/2014). Karena, mereka (Pemain bola basket putri negara Qatar) telah menolak untuk melepaskan jilbab yang dikenakannya …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.