New Generasi Pemegang Juru Kuncu Ka'bah
New Generasi Pemegang Juru Kuncu Ka'bah

New Generasi Pemegang Juru Kunci Ka’bah

MutiaraPublic.com – Innalillahi wa innailaihi roji’un, Sang penjaga kunci tradisional Ka’bah yakni Syeikh Abdul Qadir Taha Al-Sheibi, telah tutup usia di kota Mekah, pada hari Kamis kemaren (23/10/2014).

Beliau tersebut meninggal dunia dalam usianya yang ke 74 tahun. Keluarga dari “Al-Sheibi” ini telah berbakti untuk menjadi pemegang juru kunci Ka’bah dari generasi hingga ke generasi (sejak masa praIslam).

Keluarga “Al-Sheibi” tersebut, memiliki garis keturunan dari Sheiba bin Othman Abi Talha. yang mana Sheiba bin Othman Abi Talha ini hidup di zaman baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Sedangkan Untuk menggantikan posisi almarhum Syeikh Abdul Qadir Taha Al-Sheibi ini, adalah “Shaibi” tertua yaitu, Saleh Bin Taha Al-Shaibi yang kini telah menjadi juru kunci Ka’bah yang baru. Keluarga dari “Shaibi” ini sudah berabad-abad meneruskan tradisi kehormatan (pengabdiannya) dengan mengabdi sebagai posisi juru kunci Ka’bah.

Tugas sang juru kunci ka’bah tersebut adalah bertanggungjawab untuk membuka, menutup, membersihkan (mencuci) serta menngunci pintu/ gerbang Ka’bah.

Sejarah singkat pada waktu baginda Rasulullah Muhammad SAW masuk ke Ka’bah setelah menaklukkan kota Mekah, baginda Rasulullah menghancurkan seluruh berhala yang ada di dalamnya (Ka’bah). Lalu kemudian baginda Rasulullah mencucinya (membersihkannya), dan menutup gerbang Ka’bah tersebut yang kemudiaan memanggil Othman Bin Talha (Othman Bin Talha adalah penerus pertama kali) untuk memegang kunci tersebut.

Baginda Rasulullah Muhammad SAW memberinya (Othman Bin Talha) sebuah kunci dengan mengatakan bahwa kunci tersebut akan terus bersamanya hingga Hari Penghakiman.

Almarhum Syeikh Abdul Qadir Bin Taha Al-Shaibi ini adalah merupakan generasi penerus pemegang kunci Ka’bah yang ke 108 tahun. dan sekarang sudah digantikan oleh generasi baru yakni Saleh Bin Taha Al-Shaibi.

Semoga generasi pemegang kunci Ka’bah tersebut selalu mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT.

 

 

Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.