Ketika Kota Ufa Rusia Menjadi Mayoritas Muslim
Ketika Kota Ufa Rusia Menjadi Mayoritas Muslim

Ketika Kota Ufa Rusia Menjadi Mayoritas Muslim

MutiaraPublic.com – Sekarang ini saya tinggal di daerah kawasan selatan pegunungan Ural, Bashkortostan, Kota Ufa yaitu salah satu kota terbesar di negara Rusia, kota ufa merupakan kota yang sangat indah dengan populasi penduduknya lebih tiga juta jiwa.

Mayoritas penduduk di kota tersebut (kota Ufa) mayoritas kebanyakan muslim/ menganut agama Islam, jadi di kota ini pula sangat banyak masjid dan tidak jarang kita menemukan masjid bagi umat muslim sebagai tempat beribadah. Di Bashkortostan (bagian dari ibu kota ufa) seperti halnya di negara-negara lain, pada waktu sekarang ini sedang merayakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Dimana pada bulan ini yaitu merupakan bulan paling penting serta terhormat bagi umat Muslim.

Menjalankan puasa di kota Ufa – Rusia, sangat berbeda sekali ketika menjalankannya di Indonesia. Di Ufa ini berpuasa memakan waktu sekitar 19 sampai 20 jam, sedangkan di negara Indonesia sekitar 13 hingga 14 jam.

Oleh karena itulah para dokter di Ufa, sangat peduli terhadap umat Islam dengan cara memperingatkan kepada umat muslim bahwa dengan cuaca yang tidak menentu di kota Ufa ini, terkadang sangat panas sekali serta terkadang juga sangat dingin sekali, hal ini tentu dapat mempengaruhi kesehatan umat Muslim yang lagi menjalankan ibadah puasa, terutama bagi muslim yang sudah lanjut usia, wanita hamildan menyusui serta muslim yang sedang menderita penyakit kronis.

Mereka semua disarankan untuk tidak berpuasa dikarenakan akan membahayakan fisiknya. Dokter itu juga menyarankan makan makanan berprotein lebih banyak dan cairan untuk mengembalikan keseimbangan air dan energi dalam tubuh kita.

Selama melewati lebih dari 15 hari ini berpuasa di Kota Ufa, banyak hikmah dan manfaat yang kita dapatkan. Diantaranya ialah :

1. Pada Ramadan ini, telah mengajarkan kita untuk tetap ikhlas serta sabar. Melatih kita untuk terus tabah dalam berbagai rintangan dan halangan. Kita ini tidak hanya menjalankan puasa, melainkan juga menahan segala sesuatu yang bisa menjadi batalnya puasa, serta segala sesuatu yang dapat merusak puasa kita. Sehingga kita senantiasa terbiasa dan juga terlatih supaya bersih dari segala perbuatan yang dapat menimbulkan dosa. Latihan keikhlasan serta kesabaran inilah yang tentunya dapat menimbulkan kemajuan positif untuk kehidupan kita kelak.

2. Bulan suci Ramadan memberikan manfaat arti hidup sederhana dan hemat. Segala kebutuhan kita di bulan suci Ramadan ini bisa dikatakan berkurang, kita minum dan makan pada waktu sahur dan berbuka puasa. Kita tidak diharuskan banyak membeli minuman serta kue yang pada akhirnya pun tidak kita konsimsi. Hal inilah yang telah menyadarkan betapa kita harus hemat, artinya membeli hanya sekedar kebutuhan yang sekedar dikonsimsi, sehingga kelebihan uang hasil hemat tadi bisa kita sedekahkan kepada yang lebih membutuhkannya lagi.

3. Melatih diri kita agar berdisiplin waktu. Dalam waktu tiga puluh hari dibulan suci Ramadhan ini. Setiap umat muslim pasti memiliki jadwal waktu masing-masing. Membagi waktu mulai dari ia sahur, salat berjamaah, ngaji, belajar, kuliah, masak serta semua kegiatan-kegiatan kebaikan. Pada bulan suci Ramadan kita bersemangat untuk terus menambah amalan-amalan ibadah da jugan amalan-amalan sunah lainnya yang tentu akan membawa tujuan kehidupan kita menjadi lebih baik lagi.

4. Meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas nikmat-nikmat yang diberikan kepada kita. Dengan berpuasa kita pun bisa merasakan hal yang dirasakan oleh saudara-saudara kita yang memang tidak mempunyai makanan. Rasa syukur kita akan adanya nikmat makanan yang telah kita punyai terasa ketika kita puasa.

Dan mungkin masih banyak lagi hikmah serta manfaat yang bisa di dapatkan selain diatas tersebut.

Sungguh hal tersebut adalah sebuah kenikmatan yang sangat besar dan luar biasa, karena pada waktu ini kita semuanya umat muslim di seluruh dunia masih menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh keberkahan, rahmat, ampunan dan juga kasih sayang dari Allah SWT.

Semoga kita semua khususnya bagi para pembaca tulisan ini, diberikan kemudahan serta lindungan oleh Allah SWT. agar supaya membentuk pribadi muslim yang bertakwa.

Amin …!

 

Dari : Mahasiswi jurusan Operation and Maintenance of oil production facility di Ufa State Petroleum Technical University (USPTU).
Disusun : Zainul Hakim.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Sekarang ini saya tinggal di daerah kawasan selatan pegunungan Ural, Bashkortostan, Kota Ufa yaitu salah satu kota terbesar di negara Rusia, kota ufa merupakan kota yang sangat indah dengan populasi penduduknya lebih tiga juta jiwa. Mayoritas penduduk di kota tersebut (kota Ufa) mayoritas kebanyakan muslim/ menganut agama Islam, jadi di kota ini pula …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.