Kaum Muslim India Masih Khawatir Atas Kemenangan Modi
Kaum Muslim India Masih Khawatir Atas Kemenangan Modi

Kaum Muslim India Masih Khawatir Atas Kemenangan Modi

MutiaraPublic.com – Jutaan warga Muslim India cemas terhadap kemenangan kelompok nasionalis Hindu yang di pimpin oleh Narendra Modi akan menimbulkan diskriminasi terhadap agama, intoleransi serta juga pertumpahan darah. Tetapi beberapa diantara warga Muslim itu juga siap untuk memberikan Modi suatu peluang/ kesempatan.

Partai konservatif garis keras Bharatiya Janata (BJP) telah memenangi pemilu sekaligus sukses menyingkirkan partai sekular kiri Congress dari kekuasaannya. Sebagian pengamat menyampaikan bahwasanya kemenangan besar Modi tersebut/ tokoh yang pada masa lalu terkait dengan beberapa kerusuhan anti-Muslim, bakalan bikin dia menggerakkan kebijakan keras pada kelompok relijius minoritas, atau dengan kata lain pemeluk Islam yang berjumlah kurang lebih hanya 150 juta.

Dari sisi lain, sebagaian sangat mengharapkan Modi bisa penuhi janjinya untuk membuat lapangan kerja serta kembalikan perkembangan ekonomi yang sekarang masih macet/ mandeg ini. Perubahan ekonomi itu dinilai bakal menguntungkan semua kelas/ semua pihak, kasta serta agama, dalam artian tidak hanya untuk sebagian besar ummat Hindu.

” Harapan saya kembali menyala. Saya meilhat hari-hari yang lebih baik dibawah kepemimpinan Modi tersebut, ” ungkap Abdul Salaam, seseorang penjahit muslim di Varanasi, kota suci Hindu yang ditinggali oleh para kelompok Muslim.

Mereka Optimis bahwasanya keberhasilan Modi mensejahterakan masyarakat Gujarat – tempat dia menjadi kepala pemerintahan sepanjang 13 tahun terakhir – akan terulang di level nasional. Seseorang janda Muslim di Gujarat, Parveen Banu, tetap ingat waktu dia lari di gang-gang penuh darah waktu suami serta empat anaknya dibunuh dalam kerusuhan sosial yang menewaskan 1.000 orang ditempat tersebut.

Namun akan tetapi dia tak menyalahkan Modi sebagai kepala pemerintahan pada masa itu. Banu menyampaikan bahwasanya Modi tak lagi berani dengan cara terbuka menyerang Muslim sesudah menyeru persatuan nasional dalam kampanyenya ketika mendekati pemilihan umum.

“Modi memanglah membenci Muslim. Namun apakah untuk perdana menteri dia berani tunjukkan hal semacam itu di depan umum? ketika waktu itu, dia berkampanye dan berjanji akan menegakkan kesatuan nasional dan tentunya saya yakin Modi bakal penuhi janjinya, “ ucap Banu.

Walau sekian, beberapa Muslim yang lainnya tetap mencemaskan keselamatannya dibawah tampuk pemerintahan Modi tersebut. Menurut jajak pendapat pasca-pemilu, kurang lebih cuma 6% pemeluk Islam yang memilih BJP serta 43 % memilih partai Congress.

“Muslim merupakan satu-satunya kelompok  yang menyumbang suara besar untuk memilih partai Congress, “  tutur Sanjay Kumar dari Centre for the Study of Developing Societies.

 

Reporter : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah

 

 


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Jutaan warga Muslim India cemas terhadap kemenangan kelompok nasionalis Hindu yang di pimpin oleh Narendra Modi akan menimbulkan diskriminasi terhadap agama, intoleransi serta juga pertumpahan darah. Tetapi beberapa diantara warga Muslim itu juga siap untuk memberikan Modi suatu peluang/ kesempatan. Partai konservatif garis keras Bharatiya Janata (BJP) telah memenangi pemilu sekaligus sukses menyingkirkan …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.