RUU Pengelolaan Dana Haji, Selesai Bulan September Ini
Kemenag ; RUU Pengelolaan Dana Haji, Selesai Bulan September Ini

RUU Pengelolaan Dana Haji, Selesai Bulan September Ini

MutiaraPublic.com – Kementerian Agama (Kemenag) nampaknya sangat serius, dalam hal untuk membenahi pengelolaan dana ibadah haji tersebut. Kemenag rencananya akan segera menuntaskan RUU (Rancangan Undang-Undang) untuk Pengelolaan Keuangan ibadah Haji, yakni maksimal bulan ini/ September ini. Setelah RUU tersebut keluar (sudah disahkan), maka Kemenag juga tentunya akan segera mendirikan badan independen.

Badan independen tersebut yang akan menampung setoran dana ibadah Haji dari semua anggota jamaah calon haji. {” Yang perlu (kita) garisbawahi, seluruh bentuk investasi yang nantinya akan dikelola oleh badan (independen) ini, wajib menggunakan prinsip-prinsip syariah (sebagaimana dalam hukum islam) “} tutur Kemenag tersebut.

Lembaga independen dari keuangan haji ini, (tugasnya) memang bertanggung jawab perihal pengelolaan dana umat tersebut. Termasuk juga menginvestasikan dana dalam berbagai bentuk. Akan tetapi, Hanya saja tetap dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Investasi tersebut, juga haruslah mengutamakan kehati-hatian, serta menjaga likuiditas dab yang tentunya betul-betul dapat dipertanggung jawabkan.

Kemenag mengucapkan ; {” … Terserah bekerja sama dengan bank syariah atau tidak, namun harus (wajib) tidak boleh menyimpang dari prinsip syariah (syariah islam) ” ucap Kemenag itu.

Kemenah berharap bahwa RUU tersebut, sudah diketuk (disyahkan) oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) paling lambat september ini. Sehingga lembaga-lembaga yang pelaksananya berasal dari berbagai kalangan profesional tersebut, dapat segera dibentuk paling lama (maksimal) 1 tahun setelah Undang-Undang mengenai Pengelolaan Dana Haji ini dikeluarkan.

Tentunya hal tersebut membuka jalan bagi para perbankan, baik itu dari bank syariah maupun bank konvensional yang memiliki unit usaha di bidang syariah. Selain menampung dana tersebut, perbankan juga dapat melakukan pembiayaan terkait dengan pengelolaan haji.

 

 

 

Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Kementerian Agama (Kemenag) nampaknya sangat serius, dalam hal untuk membenahi pengelolaan dana ibadah haji tersebut. Kemenag rencananya akan segera menuntaskan RUU (Rancangan Undang-Undang) untuk Pengelolaan Keuangan ibadah Haji, yakni maksimal bulan ini/ September ini. Setelah RUU tersebut keluar (sudah disahkan), maka Kemenag juga tentunya akan segera mendirikan badan independen. Badan independen tersebut yang …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.