Calon Haji Indonesia Ditahan Di Filipina
Calon Haji Indonesia Ditahan Di Filipina

Astaghfirullah ! 177 Calon Jamaah Haji Indonesia Ditahan di Filipina

MutiaraPublic.com – Calon Jamaah Haji Indonesia Ditahan di Filipina, 177 warga negara asal Indonesia yang akan menunaikan Ibadah Haji telah ditangkap oleh aparat imigrasi Filipina. Mereka ditangkap dengan alasan telah menggunakan paspor palsu negara Filipina.

Sebagaimana pernyataan Arrmanatha Nasir (Juru Bicara Kementrian Luar Negeri), beliau menyatakan bahwa investigasi atas kasus tertangkapnya jammah haji indonesia tersebut sedang diproses oleh Pemerintah Filipina.

“Saat ini sebanyak 177 orang itu sedang diinterogasi di detensi (oleh pihak) imigrasi Filipina. Pihak KBRI Manila kini telah berkoordinasi dengan pihak otoritas imigrasi Filipina dan memberikan pendampingan bagi para WNI,” Ungkap Juru Bicara Kementrian Luar Negeri.

Perihal keterangan penangkapan 177 Calon Jamaah Haji Indonesia tersebut pertama kali disampaikan langsung oleh Jaime Morente, Kepala Imigrasi Filipina. Beliau mengatakan bahwa 5 warga negaranya (Filipina) yang telah mendampingi Jamaah asal Indonesia itu juga telah ditangkap.

Menurut Jaime Morente, Calon Haji Indonesia itu di tangkap karena mereka kedapatan membawa paspor ilegal (Filipina) yang mana telah disediakan oleh para pendamping (Warga Filipina) tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir Arabnews, bahwa Calon Jamaah Haji Indonesia telah membayar US$ 6.000 – US$ 10.000 atau sebesar Rp 79.110.000 – Rp 131.850 000 / orang (perorang), semata-mata demi berangkat naik haji ke tanah suci dengan cepat (tanpa menunggu bertahun-tahun).

“Identitas Calon jamaah Haji Indonesia itu terungkap ketika mereka didapati tidak bisa berbahasa Filipina. Akhirnya mereka pun mengakui bahwa mereka adalah warga negara Indonesia yang sengaja masuk ke Filipina secara terpisah sebagai turis,” Ucap Jaime Morente seperti yang dikutip dari situs Liputan6,Com.

Saat ini, Kantor Imigrasi Negara Filipina Telah bekerja sama dengan Kementrian Luar Negeri Indonesia dan bekerjasama Kedutaan Besar Indonesia dll. dalam menyelidiki bagaimana mereka bisa memperoleh paspor Filipina tersebut dan juga untuk mengenali para calon jamaah haji tersebut sebelum dideportasi.

 

 

 

Oleh : Suparto
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.