Pesan Dr Zakir Naik Tentang Islam Nusantara

Pesan Dr Zakir Naik Tentang Islam Nusantara

MutiaraPublic.com Saudaraku sesama muslim, pada tulisan kali ini MutiaraPublic bermaksud ingin mencoba menyumbang pemikiran mengenai carut-marutnya islam di negri ini, misalnya saja sekarang lagi gencar-gencarnya semboyan Islam Nusantara, sungguh istilah ini perlu kita kaji lebih dalam lagi.

Berbagai wacana perihal Islam Nusantara yang belakangan ini telah menjadi gagasan sebagian masyarakat perihal identitas Islam di negara Indonesia kini tengah menjadi isu perbincangan global atau di dunia internasional.

Tidak jelas memang siapa yang pertama kali memulai menggunakan istilah Islam Nusantara ini. Akan tetapi, istilah tersebut semakin menjadi populer dikala sebagian dari warga Nahdlatul Ulama’ mengusung istilah ini dalam acara Muktamar-nya yang ke-33 pada bulan Agustus lalu tahun 2015. Tentu saja, istilah seperti ini butuh penjelasan dari sumbernya paling otentik.

Sejauh membahas, membawa, dan menyangkut nama Nahdlatul Ulama’ (NU), sunnguh di NU sendiri banyak tokoh-tokoh yang tidak setuju dengan istilah ini. seperti misalnya tokoh-tokoh NU Jawa Timur, dari Ponpes Sidogiri mereka tidak setuju dengan istilah ini. Mereka menyebutkan bahwa Islam tidak perlu ditambahi embel-embel/ pake embel-embel; Islam saja sudah cukup.

Begitu juga dengan KH. Hasyim Muzadi yakni mantan Ketua umum PBNU, Ia memberikan tanggapannya bahwa istilah yang seharusnya dipakai itu bukan ‘Islam Nusantara’, tapi yang dipakai adalah “Islam Rahmatan Lil-Alamin” sebab hal ini ada dalam Al-Quranul Karim.

Saudaraku, Sungguh menurut kami pemikiran mengenai Islam Nusantara ini malah akan semakin “menjustifikasi” islam terhadap nilai-nilai sinkretisme (yakni mencampur aduk-kan antara nilai-nilai Islam dengan tradisi/ budaya).

Dari pemaparan singkat di atas ini, sebenarnya sudah bisa tergambarkan bahwasanya istilah Islam Nusantara ini tidak memiliki konsep yang padu dan kokoh. Istilah ini cenderung dipaksakan untuk kepentingan-kepentingan politis tertentu, dan ini jelas sekali akan memecah belah Umat Islam. Sebagaimana pernyataan ulama dunia yakni Dr Zakir Naik, beliau menyatakan bahwa sangat dilarang keras oleh Allah SWT, Bahkan hukumnya Haram ! bagi siapa diantara kalian yang berusaha memecah belah Islam.

Dr Zakir naik juga mengutip dari ayat suci Al-Quran surat Al-An’am [159] : {” Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama-nya dan mereka menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu (muhammad) terhadap mereka. Sesungguh-nya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah SWT, Selanjutnya Allah SWT akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.”}.

Jadi, terpecah-belah dan membuat group sendiri-sendiri hukumnya HARAM !. tutur Dr Zakir Naik tersebut.

Bagaimana  kelanjutan-nya menurut Dr Zakir Naik, Langsung saja mari simak (putar) Video di bawah ini mengenai Pesan Dr Zakir Naik Tentang Islam Nusantara :

 

 

 

 

Oleh : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

3 comments

  1. Surromenggala

    Hanya ada satu pertanyaan dari saya. Apakah kita sudah menjalankan 100 % Quran dan Hadiths dalam kehidupan modern ini? Saya sendiri tidak? Anda?

  2. Islam nusantara itu islam yg ada di imdonesia,,, bukan islam yg ada di arab saudi,,, indonesia gak butuh dr zakir naik,,kita punya kyai NU yg makrifat yg dakwahnya lbh mnjurus ke adab dn ahlak,mmpelajari hablumminallah hablumminannas,,, sdgkan zakir lbh ke perdebatan,,mrasa opininya plg benar,,, mmg beliau bnyak mngislamkan org lain,,,tpi apakah beliau sdh mngislamkan dirinya sndiri? Apakah ahlaknya sdh islam ?? Apakah toleransinya sdh sprti yg diajarkan nabi???

    • Islam yang diajarkan oleh Nabi kita ya untuk semua ras dan suku bangsa, dan ajaran dan pemahamannya berlaku untuk semua orang tanpa memandang kebangsaan. Yang jadi pertanyaan adalah, benarkah islam kita sudah sesuai ajaran Nabi kita? Kalo sudah, tidak akan mungkin kita berkata islam kita berbeda, islam kita islam nusantara, karna islam itu satu. Yg dituduh ‘islam arab’ aja ga pernah ngaku mereka adalah islam arab, nah ini kita ngaku2 islamnya beda, islam nusantara…..

      hayoo jadi kira2 yang belum islam dengan ajaran yang murni dari Rasulullah siapa dong? Yang ikutin ajaran beliau yaitu islam hanya satu, atau tokoh2 organisasi yang bilang islam nusantara?

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.